copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Dilantik Jadi Direktur PDAM Maja Tirta, Ini yang Bakal Digarap Iewan Prasetya

Mojokerto-(satujurnal.com)
Iewan Prasetya, direktur baru PDAM Maja Tirta Kota Mojokerto yang terpilih dalam lelang jabatan pucuk perusahaan air minum plat merah milik Pemkot Mojokerto, dilantik Walikota Mojokerto, Mas’ud Yunus di Balai Kota Graha Praja Wijaya, Selasa (22/8/2017).

Profesional berlatarbelakang tenaga ahli dan owner Asta Tiga Konsultan dan terakhir menjabat Direktur Teknik PDAM Delta Kabupaten Tirta Sidoarjo tersebut bakal memegang kendali PDAM Maja Tirta kurun lima tahun kedepan, hingga 2021.

Pengganti posisi yang sebelumnya dipegang Trisno Nurpalupi harus tancap gas membenahi BUMD yang kian terpuruk lantaran terus-menerus merugi tersebut.

Meski terpilih melalui seleksi yang ketat, Iewan tampak tak malu-malu berharap adanya support dana dari pemkot untuk keberlangsungan PDAM tersebut. "Target penyehatan dua tahun. Akan kelihatan progresnya," ujar Iewan sesaat usai dilantik.

Hal yang pertama digarap, yakni melakukan evaluasi terkait pelayanan pelanggan, termasuk soal produk yang belum bisa dinikmati pelanggan selama 24 jam per hari. “Saya punya resepnya, tapi harus saya pilah satu persatu kenapa seperti itu,” cetusnya.

Ia pun menyebut PDAM Maja Tirta tengah ‘sakit’. “Saya akui sedang sakit. Karenanya, kami akan menggunakan strategi pembenahan SDM. Masa dari 40 pegawai yang ada, tidak ada yang tidak berpotensi. Mereka yang tidak berpotensi akan kami ajak bekerja," tuturnya.

Caranya, lanjut dia, yakni dengan melatih SDM mereka dalam hal ini bekerjasama dengan LSM IWash. "Kita juga mengatasi kebocoran pipa yang dimungkinkan menciptakan adanya bakteri ecoli," ujarnya.

Hal itu terkait target utama yang dibebankan, yakni menyehatkan kondisi PDAM Maja Tirta, utamanya soal keuangan yang sampai saat ini masih terpuruk.

Seperti diketahui, kondisi bisnis PDAM Maja Tirta terus terpuruk. Perusahaan pelat merah itu merugi Rp 1,2 miliar pada tahun 2016. Meski demikian, Pemkot Mojokerto justru menghentikan penyertaan modal. Tahun ini, Pemkot berencana hanya membantu subsidi biaya produksi.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Mojokerto, Sumarmi Astuti mengatakan, dari tahun ke tahun, bisnis penyediaan air minum yang dikelola PDAM Maja Tirta terus merugi. Oleh sebab itu, Pemkot Mojokerto membatalkan rencana penyertaan modal di tahun 2016. Sesuai Perda No 12 Tahun 2013 tentang penyertaan modal untuk PDAM Maja Tirta dan BPRS, Pemkot sedianya mengucurkan Rp 7,4 miliar.

"Tahun 2016 diputuskan oleh tim anggaran tak ada penyertaan modal untuk PDAM Maja Tirta. karena selama ini kinerjanya kurang bagus penyertaan modal terus akan sia-sia, biar mencoba dulu mandiri untuk penilaian," kata Sumarmi.

Sementara itu, saat menyampaikan sambutan usai pelantikan, Walikota Mojokerto Mas’ud Yunus berharap, kehadiran Iewan dapat memberikan dorongan dan motivasi untuk meningkatkan kinerja dari PDAM Maja Tirta. Utamanya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya.

Kiai Ud, sapaan populer Mas’ud Yunus, secara khusus, menyampaikan kepada Iewan bahwa Kota Mojokerto dengan penduduk dan perumahan yang padat ini, lingkungan menjadi masalah utama. “Kondisi air tanah di Kota Mojokerto ini 57 persen mengandung bakteri ecoli. Karena itu salah satu solusi yang dapat kita ambil adalah bagaimana warga Kota Mojokerto itu tidak mengambil air tanah,” jelasnya.

Tantangan yang dihadapi Direktur PDAM yang baru adalah, bagaimana masyarakat bisa menggunakan air PDAM yang dijamin steril dari bakteri ecoli dan zat berbahaya lainnya.

“Sampai dengan sekarang masyarakat yang menggunakan fasilitas PDAM tidak lebih dari 5000 rumah. Inilah yang menyebabkan PDAM kita belum masuk dalam kategori perusahaan yang sehat,” katanya.


Ia berpesan agar direktur yang baru agar bisa memberikan layanan dengan meningkatkan jumlah pelanggan. Karena Pemerintah Kota Mojokerto akan memberikan fasilitas kemudahan-kemudahan untuk mengakses layanan tersebut,” tukasnya. (one)
uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: pemkot mojokerto

Terima Kasih Telah Membaca Dilantik Jadi Direktur PDAM Maja Tirta, Ini yang Bakal Digarap Iewan Prasetya. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Dilantik Jadi Direktur PDAM Maja Tirta, Ini yang Bakal Digarap Iewan Prasetya"

Weather, 21 October
Mojokerto Weather http://www.booked.net/
+34

High: +34° Low: +24°

Humidity: 61%

Wind: S - 1 KPH

Surabaya Weather
+33

High: +33° Low: +25°

Humidity: 75%

Wind: NNE - 6 KPH

Jakarta Weather
+34

High: +34° Low: +29°

Humidity: 85%

Wind: - 10 KPH

Back To Top