"Aparatur Harus Dahulukan Peranan" - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

"Aparatur Harus Dahulukan Peranan"

Sugeng Sudarno



Mojokerto-(satujurnal.com)
Anggota Komisi I (hukum dan pemerintahan) DPRD Kota Mojokerto, H. Sugeng Sudarno, SH, MH merespon paparan Walikota Abdul Gani Suhartono dalam penyampaian nota keuangan RAPBD 2013 Kota Mojokerto terkait program peningkatan pelayanan dan kinerja aparatur. Anggota Dewan asal PDI-Perjuangan ini mengatakan, aparatur Pemkot Mojokerto dituntut untuk lebih meningkatkan kualitas SDM mereka. Ini karena tuntutan pelayanan publik mau tak mau terus meningkat baik secara kualitas maupun kuantitas. “Jika mereka (aparatur) lemah maka lambat laun menjadi penghambat akselarasi perwujudan visi dan misi Kota Mojokerto,” ujar Sugeng Sudarno.

Penghargaan dan sanksi, lanjut dia, tentunya menjadi bagian yang melekat bagi peningkatan kualitas SDM aparatur. “Selain juga penataan kelembagaan, upaya deregulasi, debirokratisasi, peningkatan partisipasi masyarakat, serta peningkatan prasarana dan sarana pelayanan publik,” katanya.

Peningkatan SDM aparatur, menurut anggota Dewan dua periode ini, tentunya tak lepas dari upaya penciptaan birokrasi yang profesional dan terbuka serta akuntabel. “Birokrasi demikian dapat terwujud apabila terbentuk suatu sistem di mana terjadi mekanisme birokrasi yang efisien dan efektif dengan menjaga sinergi yang konstiruktif di antara pemerintah, sektor swasta dan masyarakat,” ujar Sugeng Sudarno.

Menurutnya, tidak ada alasan bagi pegawai untuk tidak meningkatkan kapasitasnya, karena persaingan akan semakin ketat, promosi jabatan akan sangat ditentukan oleh profesionalisme. Karena tingkat ketrampilan kualitas pelayanan publik mau tak mau harus mengikuti dinamika yang terjadi. Dan “Terpenting, bahwa Aparatur harus mendahulukan peranan daripada wewenang. Agar terjadi pelayanan publik yang maksimal,” tukas anggota F-PDI-Perjuangan ini. (one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional