Buruh Kembali Blokir Bypass Mojokerto - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Buruh Kembali Blokir Bypass Mojokerto

- Tuntut Upah Layak

Mojokerto-(satujurnal.com)
Buruh Mojokerto blokir Bypass Mojokerto dalam aksi demo tadi sore
Ribuan buruh Mojokerto kembali menggelar aksi demo besar-besaran di kantor Kabupaten Mojokerto. Mereka menuntut Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasha (MKP) mengusung usulan UMK 2013 ke Gubernur Jawa Timur sebesar Rp. 1.556.024.

Para buruh yang berasal dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K-SPSI) serta 5 federasi anggota FSP, RTMN-SPSI, FSP KAHUT INDONESIA-SPSI, FSP KEP-SPSI, FSP LEM-SPSI, FSP TSK-SPSI dan 35 unit kerja itu menolak penetapan Bupati MKP yang bakal mengusung angka Rp 1.408.399, seperti hasil audiensi Sabtu (27/10/2012).

Sekitar pukul 10:00 WIB ribuan massa buruh yang berasal di empat titik konsentrasi di kawasan Ngoro, Mojosari, Gondang dan Canggu bergerak menuju Bypass, Mojokerto dengan menggunakan ribuan kendaraan roda dua, dua unit truk bak terbuka, dua unit bus serta bendera serikat pekerja serta alat peraga berupa pamflet. 

Aksi demo itu pun diwarnai aksi sweeping di sejumlah perusahaan. Pendemo mengajak buruh-buruh di beberapa perusahaan bergabung bersama mereka. 

Sementara massa buruh ti wilayah Ngoro bergerak ke Jl Bypass, massa buruh dari PT Ajinomoto dan PT Mertex sejak pukul 10:00 WIB mengawali aksi di depan pintu gerbang Pemkab Mojokerto. Antisipasi aparat kepolisian menghadang pendemo dengan memasang pagar kawat berduri sepanjang pagar kantor Pemkab Mojokerto menyebabkan para pendemo dari perusahaan nasional itu pun hanya bisa meluapkan uneg-uneg mega phone. Tanpa ada reaksi apa pun dari petinggi Pemkab Mojokerto. Aparat kepolisian hanya bersiaga dibalik pagar kawat berduri. Sekitar satu jam berorasi serta membentangkan pamflet, mereka pun konvoi bergeser ke Bypass, bergabung dengan massa buruh lainnya.

Mengantisipasi kerusuhan dalam aksi demo kali ini, polisi mengerahkan 20 SSK setingkat kompi serta menyiapkan dua unit watercannon, satu unit rantis barracuda dari Dit Sabhara dan Sat Brimobda dan anjing pelacak. 

Sedang ribuah buruh yang terkonsentrasi dan bertahan di Bypass memblokir jalan lebih dari tiga jam sejak pukul 11:00 WIB hingga sore tadi.  

“Kita kawal terus aksi buruh. Kita antisipasi sedini mungkin jangan sampai terjadi kerusuhan," kata Kapolres Mojokerto, AKBP Eko Puji Nugroho di lokasi.

Kemacetan panjang pun terjadi di simpang Kenanten. Terjadi penumpukan kendaraan dari arah Mojosari, Surabaya dan Jombang. 

Informasi yang diperoleh satujurnal.com, puluhan buruh yang menggunakan 50 kendaraan bermotor yang mendatangi kediaman Bupati MKP untuk menyerahkan usulan UMK 2013 versi mereka. Hanya saja, upaya mereka tak membuahkan hasil lantaran gagal bertemu orang nomor satu di Kabupaten Mojokerto tersebut.
Hingga berita ini diturunkan, massa buruh masih melakukan aksi di depan Kantor Pemkab Mojokerto. Mereka menyatakan tidak akan membubarkan diri sebelum tuntutan mereka dipenuhi. (dw/one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional