Naqsabandiyah Gelar Sholat Idul Adha Hari Ini - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Naqsabandiyah Gelar Sholat Idul Adha Hari Ini

  Jamaah Toriqoh Naqsabandiyah Qolidiyah, Jombang saat sholat Idul Adha Sabtu. 
Jombang-(satujurnal.com).Ribuan jamaah Toriqoh Naqsabandiyah Qolidiyah di Jombang menggelar sholat Idul Adha pada Sabtu pagi ini. Keputusan melakukan sholat dilakukan sehari setelah hari raya Idul Adha yang ditetapkan pemerintah. sholat id  dilakukan setelah sejumlah tim ruqyah jamaah ini melihat hilal tanggal 10 Dulhijah jatuh pada Sabtu ini.

Sejak pagi ribuan jamaah Toriqoh Naqsabandiyah Qolidiyah ini berkumpul di masjid Baitul Muttaqin, Dusun Dukuh Klopo,Desa Kapas,Kecamatan Peterongan Jombang.untuk melaksanakan sholat Idul Adha dengan khusuk,pengikut jamaah ini menggelar sholat ied yang di pimpin oleh KH Mustaqim, imam jamaah.

Usai mendengarkan khotbah/para jamaah menggelar tradisi berondongan,yaitu menyalakan rangkaian petasan di halaman masjid. Sebagian jamaah melakukan sebuah ritual doa di depan gapura di depan rumah pimpinan jamaah ini. Warga selanjutnya mengumpuilkan sejumlah hewan qurban di halaman masjid untuk dilakukan penyembelihan.

Keputusan melakukan sholat Ied sehari setelah yang ditetapkan pemerintah ini berdasarkan keyakinan para pemimpin thoriqoh."Setelah dilakukan rukyat di sejumlah titik memastikan berhasil melihat hilal dan 10 dulhijah jatuh pada hari sabtu ini," kata KH Nasuha Anwar, pimpinan jamaah.

Meski berbeda dengan mayoritas umat muslim lain yang menggelar shalat Idul Adha minggu kemarin,jamaah ini berharap perbedaan tersebut tidak memutus tali persaudaraan sebagai sesama muslim,dan selalu menghormati perbedaan yang di nilai sebagai sebuah rahmad.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional