APBD Jombang, Baru Terserap 66 Persen - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

APBD Jombang, Baru Terserap 66 Persen




Jombang-(satujurnal.com)



Meski sudah memasuki bulan kedua triwulan akhir masa anggaran tahun 2012, namun penyerapan APBD (Anggaran 66 persen.

Kepala DPPKAD (Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah), Budi Nugroho, menjelaskan, APBD Jombang untuk tahun 2012 ini sebesar Rp 1,5 trilyun. Dari jumlah itu, sampai awal November ini sudah terserap 66 persen atau sebesar Rp 1 trilyun.


"Bulan Desember mendatang penyerapan itu akan meningkat, yakni mencapai 90 persen. Sedangkan 10 persen lagi akan menjadi silpa (sisa lebih perhitungan anggaran). Hal itu juga terjadi pada tahun sebelumnya," kata  Budi.

Lebih jauh mengatakan, ada beberapa SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang anggarannya belum terserap secara maksimal. Diantaranya, Dinas PU Bina Marga, PU Cipta Karya, serta Dinas Peternakan. Untuk PU Bina Marga, dari total anggaran sebesar Rp 111 milyar, baru terserap 44,8 persen atau sekitar Rp 50 milyar.
Sedangkan PU Cipta Karya, penyerapan anggaran baru sebesar 38 persen. Dengan rincian, dari total anggaran sebesar Rp 37 milyar di PU Cipta Karya, baru terealisasi sebesar Rp 14 milyar.

Hal serupa juga terjadi pada Dinas Peternakan. Rinciannya, dari total anggaran sebesar Rp 18 milyar, baru terserap Rp 7,8 milyar atau setara dengan 38,8 persen. Lambatnya penyerapan beberapa dinas itu, lanjut Budi, karena masih banyak rekanan yang belum mengajukan penagihan untuk pencairan proyek.

"Untuk PU Bina Marga dan Cipta Karya kami bisa memaklumi. Karena penyerapan anggaran tersebut tergantung pada progres yang harus dilakukan untuk pembayaran kepada rekanan. Biasanya, bulan Desember banyak rekanan yang mengajukan penagihan untuk pencairan. Dengan begitu, penyerapan anggaran pada bulan Desember akan meningkat,"ungkap Budi.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional