Arkeolog Belanda dan Kamboja Teliti Prasasti Jaman Airlangga - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Arkeolog Belanda dan Kamboja Teliti Prasasti Jaman Airlangga

Arkeolog Prancis Parlo Griffits tengah meneliti prasasti jaman Airlangga


Jombang-(satujurnal.com)
Prasasti bertuliskan bahasa Jawa kuno ,peninggalan jaman Kerajaan Airlangga,di Desa Katemas ,Kecamatan Kudu, Jombang diteiliti tiga arkeolog dari Belanda dan Kamboja, Kamis (15/11/2012). Hasil dari penelitian akan bisa membuka makna dari tulisan Jawa Kuno.

Parlo Griffiths dari lembaga penelitian Efeo ,Eco Franc, berbasis di Perancis dan 2 pekerja Kamboja satu  tim dengan  Arlo, dari  Museum Nasional Kamboja,meneliti sebuah prasasti jawa kuno peninggalan jaman Kerajaan Airlangga tahun 944 saka/1.022 Masehi. didesa katemas kecamatan kudu jombang.

Tujuan lembaga peneliti efeo ini untuk mengetahui sejarah, bahasa dan agama pada jaman kerajaan airlagga,isi prasasti gurit di katemas ini , ada kaitan dengan transaksi hukum pajak, bebas kewajiban pajak kepada raja airlangga.

Prasasti ini juga menyebut  nama raja Dharmawangsa Airlangga Ananta Wikramo Tungga Dewa  ini yg tertua.
Disebut pula, pada jaman itu pemukiman sudah padat. Prasasti serupa juga ada di 7 Dusun Katemas, Sumber Gurit, Glugu, Grogol, Keden, Kitri dan Munung Kerap.

Untuk meneliti prasasti ini harus ektra hati hati. Benda yang diteliti dilapisi kertas khusus diberi air dan ditunggu hingga meresap. Setelah itu permukaan kertas di beri cat hitam agar muncul tulisan jawa kunonya. Setelah dikeringkan, baru bisa dibaca. Hasil penelitian ini akan diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia agar bisa diketahui sejarahnya.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional