Bupati MKP Temui Buruh - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Bupati MKP Temui Buruh



-Janji Setarakan UMK dengan Daerah Lain

Mojokerto-(satujurnal.com) 
Setelah empat kali didemo, akhirnya Bupati Mojokerto, Mustafa Kamal Pasal (MKP) menemui ribuan buruh yang tengah menggelar aksi di depan Kantor Pemkab Mojokerto, Jl Ahmad Yani, Selasa (13/11/2012).

Orang nomor satu di lingkup Pemkab Mojokerto ini berjanji akan menyesuaikan UMK Kabupaten Mojokerto 2013 dengan daerah sekitar.

Janji MKP tercetus setelah sebelumnya melakukan diskusi panjang dengan 10 orang perwakilan buruh di ruang Satya Bina Karya (SBK) Pemkab Mojokero.

"Dari hasil diskusi yang kita lakukan, UMK Mojokerto akan memperhatikan daerah sekitar. Saya akan intensif berdiskusi dengan buruh dan dewan pengupahan. Dengan mempertimbangan banyak hal, apa yang telah saya rekom ke Gubernur selama ini akan kita diskusikan lagi untuk kepentingan buruh," lontarnya.

Namun, MKP menegaskan, jika pihaknya belum menentukan angka riil namun tidak jauh dari daerah sekitar. Mekanismenya, tuntutan buruh sebesar Rp1.565.024 sehingga UMK Kabupaten Mojokerto 2013 dimungkinkan bisa dibawah angka tersebut. “Tapi kita akan menjembatani dan mendukung penuh buruh Mojokerto,” janjinya.

Usai mendengarkan pernyataan bupati, ribuan buruh dengan tertib meninggal Pemkab Mojokerto. Sebelumnya, Bupati Mojokerto mengusulkan UMK Kabupaten Mojokerto tahun 2013 ke Gubenur Jawa Timur, Soekarwo sebesar Rp1.408.359, sementara buruh meminta sebesar Rp1.565.024. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional