Buruh PT MI Kembali Bergolak - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Buruh PT MI Kembali Bergolak


 - Tuntut 222 Buruh Dipekerjakan Kembali

Jombang(satujurnal.com)
Ratusan buruh pabrik pengolahan mainan kayu, PT Mentari Internasional (MI), jalan Yos Sudarso, Kabupaten Jombang berunjuk rasa dengan melakukan mogok kerja menolak pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak dari perusahaan, Kamis (3011/2012). 

Dalam aksi tersebut para buruh sempat bersitegang dengan sejumlah Satpam hingga membuat ribuan buruh lain dipulangkan paksa.
  
Aksi mogok kerja yang dilakukan ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) ini dilakukan di depan pintu gerbang pabrik. Aksi ini dilakukan, guna menuntut pihak perusahaan mempekerjakan kembali dua ratusan buruh yang di PHK.

Dengan cara memblokir akses masuk ke dalam pabrik dengan menggunakan motor, ratusan buruh ini  juga sempat terlibat ketegangan dengan sejumlah satpam perusahaan. Bahkan salah seorang pimpinan perusahaan, sempat merampas kunci motor seorang buruh karena dianggap menghalang-halangi buruh lain yang hendak masuk kerja.

Selain memblokir pintu masuk, para buruh juga mendirikan posko di depan pintu gerbang pabrik pengolahan mainan kayu ekspor tersebut.

Menurut para buruh, PHK yang dilakukan  pihak perusahaan terhadap 222 buruh MI sudah ditolak oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Jombang. Karena, PHK terjadi lantaran para buruh berserikat. Sehingga murni dianggap diskriminatif. 

Akibat aksi ini aktifitas perusahaan lumpuh total. Ribuan buruh yang sempat terhalang aksi unjuk rasa, dipulangkan paksa polisi, guna menghindari kericuhan. (rg)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional