DAK Pendidikan Diswakelolakan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

DAK Pendidikan Diswakelolakan


Jombang-(satujurnal.com)
Miliaran rupiah dana alokasi khusus (DAK) bidang pendidikan tahun anggaran (TA)  2012 tidak lagi lagi ditenderkan, namun diswakelolakan. Dalam mekanisme swakelola DAK pendidikan, pembangunan sepenuhnya dilaksanakan pihak sekolah dan komite sekolah dalam wadah panitia pembangunan.

 “Teknis pelaksanaan DAK TA 2012 tidak sama dengan TA 2011. Karena untuk pekerjaan fisik atau pembangunan akan akan dikerjakan secara swakelola,” kata Agus Daryanto, Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa, Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Selasa (27/11/2012).  

Pekerjaan kontraktual di dalam pelaksanaan DAK Pendidikan TA 2012, lanjut Agus, dimungkinkan hanya pada pengadaan peralatan dan sarana penunjang pedidikan. Hanya untuk pengadaan barang nya saja yang di kontraktualkan," imbuh dia.

Ditandaskan Agus, meski saat ini sudah mendekati ujung tahun, namun dalam pelaksanaan, pekerjaan bisa melebihi batas TA 2012. "Karena keterbatasan waktu, maka pelaksanaan kegiatan pembangunan dapat dilakukan melebihi batas tahun anggaran

Soal proses teknis pelaksanaan DAK Pendidikan Tahun Anggaran 2012, Agus mengatakan jika proyek DAK akan segera dilaksanakan. “Diperkirakan, awal Bulan Desember 2012 pembangunan sudah mulai dilaksanakan. Karena, beberapa waktu lalu. pihak sekolah yang menerima anggaran DAK Pendidikan 2012 sudah menandatangani MoU. Jadi tinggal nunggu Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK). setelah itu, anggaran akan langsung di transfer ke rekening sekolah penerima," pungkasnya. (bir)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional