Demo Buruh PT MI Ricuh. - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Demo Buruh PT MI Ricuh.

Buruh PT MI dan Polisi saling gesekan dalam aksi demo tolak sistem kontrak


- Blokir Jalan, Gesekan Dengan Polisi
Jombang-(satujurnal.com)
Ratusan Buruh PT Mentari Internasional (MI) Jombang menggelar demo dengan memblokir jalan raya. Bentrokan antara buruh dengan aparat kepolisian mewarnai demo terkait penolakan terhadap sistem sistem kerja kontrak dan PHK (pemutusan hubungan kerja) sepihak. Puluhan buruh terlibat baku pukul dengan polisi. Bentrokan dipicu upaya ratusan buruh yang menghadang buruh yang akan masuk kerja.

Aksi sweping buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) di jalan raya Tunggorono Jombang itu awalnya berjalan aman. Namun akibat aksi blokir di jalan propinsi mengakibatkan kemacetan dari arah Madiun- Jombang.


Karena mengganggu pengguna jalan petugas mengawal ratusan buruh yang akan masuk kerja. Meski dikawal polisi, para buruh yang menggelar aksi tetap nekad menghadang teman mereka. Karena mengganggu pengguna, jalan aksi buruh dibubarkan polisi. Ujungnya, mereka saling baku hantam dengan polisi. 

Aksi buruh ini menunutut agar tidak ada sistem kontrak. Pasalnya meski sudah bekerja sepuluh tahun, namun status mereka tetap tenaga kontrak. Selain itu ratusan buruh menuntut agar sepuluh buruh yang di-PHK dipekerjakan kembali. Manajemen pabrik dinilai semena-mena memutus hubungan kerja tanpa pemberian surat peringatan terlebih dahulu. 

Aksi buruh reda setelah perwakilan buruh berunding dengan pihak perusahaan.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional