Gubernur Soekarwo Lepas Gerak Jalan Mojosuro - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Gubernur Soekarwo Lepas Gerak Jalan Mojosuro

Komunitas sepeda kuno yang akan meramaikan Gerak Jalan Mojosumo.(istimewa)


Mojokerto-(satujurnal.com)
Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto-Surabaya (Mojosuro) 2012 akan diberangkatkan dari alun-alun Kota Mojokerto Sabtu (10/11/2012), pukul 17:00 nanti.

"Peserta akan diberangkatkan nanti sore pukul 17.00 WIB di Alun-alun Kota Mojokerto dan diperkirakan sampai di finish yakni di Tugu Pahlawan Surabaya pada Minggu besok, sekitar pukul 01.00 WIB. Para peserta akan melewati dua kali cek di dua titik sepanjang rute gerak jalan, yakni di Krian dan Sepanjang, Sidoarjo," Kabid Pendidikan Non Formal, Pemuda, Olahraga dan Budaya, Dinas P dan K Kota Mojokerto, Witono, pagi tadi. 

Gawe Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Dinas P dan K Kota Mojokerto ini menurut Witono diikuti sekitar 10.000. peserta dari kelompok beregu dan perorangan. Panitia menyediakan hadiah total Rp 90 juta. “Tahun ini, momen gerak jalan Mojosuro bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan,” imbuhnya.

Menurut Witono, sehari menjelang pelaksanaan, jumlah peserta yang mendaftar di institusinya mencapai 140 peserta perorangan dan 40 peserta beregu. Gubernur Jawa Timur, Soekarwo dijadwalkan melepas gerak jalan dengan akhir tujuan di Tugu Pahlawan , Jl. Pahlawan – Surabaya tersebut.

Diagendakan, kedatangan Gubernur Soekarwo akan disambut Bupati Mojokerto Mustofa Khamal Pasha di Rumah Dinas Bupati, Pringgitan. Sementara Walikota Mojokerto Abdul Gani Suhartono juga menghelat ramah tamah dengan orang nomor satu di Jawa Timur tersebut di Pendopo Graha Praja Wijaya, Pemkot Mojokerto, Jl Gajahmada.

Selain peserta gerak jalan, ajang ini juga akan diramaikan dengan kehadiran sekitar 1.000 komunitas sepeda kuno yang pengendaranya mengenakan baju perjuangan. Peserta sepeda kuno akan finish di depan Gedung Juang Jl Majend Sungkono Surabaya.

Rute gerak jalan saat masuk Surabaya, yakni jembatan Karangpilang, Jl Karangpilang, Jl Mastrip, Jl Gunungsari, Jl Gajahmada, Jl Hayam Wuruk, Jl Kutai, Jl Diponegoro, Jl Pasar Kembang, Jl Kedungdoro, Jl Blauran, Jl Bubutan, Jl Kebonrojo, Jl Pahlawan dan finish di Tugu Pahlawan.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Mojokerto Kota, Kompol Husain Hidayat mengatakan, pihaknya akan menurunkan 300 personil. Sebanyak 210 anggota disiagakan di dua lokasi serta rute gerak jalan. "Sisanya merupakan pasukan cadangan yang akan kita tempatkan di Mapolres Mojokerto Kota," ungkapnya, pagi tadi. 

Selain mensiagakan anggotanya, sejumlah instansi terkait juga dilibatkan. Diantaranya dari anggota TNI, Satpol PP dan Dishubkominfo Kota Mojokerto. "Dari anggota TNI Kodim sebanyak 40 personil, dari Satpol PP sebanyak 10 orang dan dari Dishubkominfo sebanyak 40 orang. Mereka akan mengamankan peserta gerakjalan mulai start hingga meninggalkan Kota Mojokerto. Sedang wilayah Kabupaten Mojokerto, ada pengamanan sendiri," terangnya. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional