Walikota Ingatkan Penyakit Tidak Menular - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Walikota Ingatkan Penyakit Tidak Menular

Walikota saat meninjau gedung baru RS dalam rangkaian HKN
Mojokerto-(satujurnal.com)
Penyakit tidak menular, diantaranya  stroke, kanker, diabetes, gagal ginjal, dan penyakit jantung menjadi perhatian khusus Walikota Mojokerto, Abdul Gani Suhartono. 

Selain karena secara nasional 59 % kematian di indonesia disebabkan penyakit dalam kategori tersebut dan terus terjadi peningkatan,  juga dibutuhkan biaya pengobatan yang relatif besar.

Walikota mengutarakan hal itu saat peringatan HKN Ke-48 di halaman RSUD RSUD dr. Wahidin Sudiro Husodo Surodinawan, Rabu (21/11/2012), 

"Saat ini kita tengah menghadapi tantangan baru yakni  meningkatnya masalah penyakit tidak menular. Maka upaya promotif-preventif harus diutamakan." Kata Gani.

Sementara terkait HKN, Gani mengatakan HKNl diperingati setiap tahun dengan tujuan meningkatkan komitmen seluruh pemangku kepentingan dalam pembangunan kesehatan.

Dikatakan Gani,  tema HKN tahun ini yakni Indonesia Cinta Sehat, dengan sub tema ibu selamat anak sehat.

"Indonesia cinta sehat adalah refleksi dari sikap dan perilaku setiap insan indonesia menjadikan kesehatan sebagai dasar tindakan dan motivasi dalam kehidupan sehari-hari," tandas Gani.

Sementara itu Ketua HKN ke-48 Kota Mojokerto, Sahid Suparasa, mengatakan panitia telah melaksanakan sejumlah kegiatan seperti olah raga, pengabdian masyarakat, mulai bulan Oktober hingga Nopember ini.(one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional