Pemkab Mojokerto Tambah Kuota Jamkesda - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pemkab Mojokerto Tambah Kuota Jamkesda


- Dari 5.775 KK Menjadi 9.057 KK 

Mojokerto-(satujurnal.com)

ilustrasi (istimewa)
Pemkab Mojokerto menyatakan akan menambah kuota  Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) tahun 2013 mendatang hingga 9 ribu kepala keluarga (KK). Penambahan dilakukan, untuk mengakomodir warga yang belum terjaring Jamkesda namun hanya mengantongi surat pernyataan miskin (SPM). 

"Jumlah penerima program Jamkesda 2013 yang diusulkan ke Gubernur Jawa Timur sebanyak 9.057 KK. Jumlah ini merupakan hasil verifikasi yang dilakukan tim Pemkab Mojokerto," kata  Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Pemkab Mojokerto, Eko Wahyono,  Jum'at (02/11/2012) tadi siang.  

Disebut Eko, untuk program Jamkesda tahun ini, sebanyak 5.775 KK. sedangkan pengguna Surat Pernyataan Miskin sebanyak 3.731 KK. Dari hasil validasi dan verifikasi atas penerima Jamkesda 2012 dan pemegang SPM, yang memenuhi kriteria ditetapkan sebanyak 9.057 KK. "Data hasil verifikasi inilah  yang diusulkan ke Gubenur Jawa Timur, Soekarwo sebagai penerima program Jamkesda tahun 2013 mendatang," ujarnya. 

Ditambahkan Eko, dengan Jamkesda masyarakat akan mendapatkan jaminanberobat ke pelayanan kesehatan sesuai ketentuan. Jika Jamkesmas sasarannya warga miskin, sedang Jamkesda lebih meluas, karena meliputi seluruh warga yang belum memiliki kartu jaminan atau asuransi kesehatan apapun. "Peran Jamkesda melindungi masyarakat yang rentan miskin dan akan jatuh miskin bila sakit karena mahalnya biaya perobatan. Dengan program Jamkesda, bisa minimalkan biaya si penderita agar bisa mendapatkan pengobatan yang murah," pungkasnya. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional