Pemkot Siapkan Rp 5 Miliar untuk Proyek Alun-alun - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pemkot Siapkan Rp 5 Miliar untuk Proyek Alun-alun


Rancangan Alun - alun Kota Mojokerto karya Mahasiswa ITS

- Gunakan Rancangan Mahasiswa ITS

Mojokerto-(satujurnal.com)
Anggaran APBD 2013 Kota Mojokerto sebesar Rp 5 miliar bakal dikucurkan untuk proyek pembangunan Alun-alun Kota Mojokerto. Rencananya, Alun-alun yang kini masih kumuh bakal disulap menjadi kawasan asri yang memadukan unsur budaya dan teknologi. 

Menariknya, rancangan Alun-alun Kota Mojokerto yang bernuansa Mojopahit itu digarap lima mahasiswa ITS awal tahun 2012 melalui melalui pendanaan yang mereka dapatkan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi DIKTI pada Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC). Mereka mengangkat judul Rancangan Tata Ruang dan Taman Alun-alun Kota Mojokerto. Para mahasiswa membentuk tim dengan Rela Karlina Jalil sebagai ketua berserta Nur Marisa Dewi, Millati Amalia, Summa Tahta Lia dan Dwi Ariyani sebagai anggota.

Dari soal vegetasi alun-alun yang tidak terawat hingga berjejalnya PKL (pedagang kreatif lapangan) hingga kesemrawutan kendaraan menjadi inspirasi mereka untuk membuat konsep taman kota yang tertata apik sekaligus ‘mengembalikan’ alun-alun sebagai identitas kerajaan Mojopahit.

Rancangan yang mereka buat berupa maket dan video animasi 3 dimensi. Publikasi bertajuk ‘Rancangan Tata Ruang dan Taman Alun-Alun Kota Mojokerto’ dapat dijelajahi didunia maya.

Dalam video animasi 3 dimensi, secara khusus corak sejarah ditampilkan pada warna khas Majapahit yaitu warna Gulo Klopo. Bentuk bangunan yang mayoritas terbuat dari terakota, plasa tradisional yang berisi mainan-mainan tradisional. Kemudian zona pertunjukan untuk melestarikan kesenian khas Jawa dan Majapahit serta miniatur candi-candi bersejarah serta sarana olahraga dan bermain serta edukasi lainnya. Pagar yang mengelilingi Alun-alun berbentuk tulisan ‘Alun-alun Kota Mojokerto’ dengan aksara Jawa.

Komisi II (perekonomian dan pembangunan) DPRD Kota Mojokerto membenarkan soal rancangan mahasiswa ITS Surabaya yang bakal dipakai sebagai acuan proyek. “Ya memang rancangan ini yang dipakai untuk proyek Alun-alun,” kata anggota Komisi II, Achmad Rusyad Manfaluti, Minggu (11/11/2012).

Falut, sapaan akrab politisi PKB ini menyebut angka Rp 5 miliar untuk mewujudkan Alun-alun bernuansa Mojopahit tersebut. “Dianggarkan Rp 5 miliar,” ujarnya tanpa membeber rincian penggunaan tersebut.

Namun, soal perencanaan proyek, apakah nantinya terjadi perubahan-perubahan dari rancangan tersebut, ujar Falut, merupakan wilayah eksekutif. “Kita (Dewan) mendorong sepanjang sudah sesuai dengan rencana yang sudah disepakati bersama,” tukasnya.

Dipastikan, tahun anggaran 2013 proyek Alun-alun Kota Mojokerto dilangsungkan. Tahun penganggaran ini tak lepas relokasi PKL Alun-alun ke kawasan perdagangan, Jl Benteng Pancasila (Benpas) yang bakal diwujudkan selambatnya akhir Desember tahun ini.

Dalam waktu yang bersamaan, Masjid Agung Al Fattah yang berada di sebelah barat Alun-alun Kota Mojokerto juga akan direnovasi. Besaran anggaran yang dipatok pun sama persis, Rp 5 miliar. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional