Proyek RTH Keplaksari Telan Anggaran Rp 5,85 Miliar - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Proyek RTH Keplaksari Telan Anggaran Rp 5,85 Miliar

Salah satu sudut RTH Keplaksari
Jombang-(satujurnal.com)
Pembangunan RTH Keplaksari di jalan Mastrib, Jombang menelan anggaran pusat dan daerah miliaran rupiah. Guyuran dana dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) tahun 2011 sebesar Rp 1,05 miliar dan tahun 2012 Rp 850 juta. Sementara Pemkab Jombang mengeluarkan kantong APBD untuk RTH menopang program Jombang Kota Hijau tersebut tahun 2011 sebesar Rp 2 miliar dan tahun 2012 Rp 2 miliar. Total untuk proyek RTH ini menghabiskan dana Rp 5,85 miliar.

Tahun 2011, anggaran yang didapat dari Kementerian PU untuk RTH yang berhadapan dengan Taman Tirta Wisata Jombang tersebut dibelanjakan untuk membangun beberapa ornamen. Sementara Pemkab Jombang melakukan perluasan dan pembebasan lahan yang ada di sekitar RTH.

Tahun 2012, kucuran dana Kementerian PU dimanfaatkan untuk pembuatan taman ramah lingkungan. Sedangkan Pemkab kembali melakukan pembebasan lahan.

Kepala Dinas PU Ciptakarya, Pertamanan dan Kebersihan Kabupaten Jombang, Yudi. A menegaskan bahwa RTH Keplaksari didesain khusus sebagai RTH ramah lingkungan. " Anggaran dari Kementrian PU tahun 2012 dipergunakan untuk penerapan RTH ramah lingkungan. Salah satunya akan dipergunakan untuk pembuatan penerang dengan energi solar sel dan tenaga surya, bukan menggunakan energi listrik," jelas Yudi.

Sementara soal penyediaan fasilitas air siap minum, Yudi mengatakan jika pihaknya sudah berkomunikasi dengan PDAM Jombang. “Untuk menunjang kawasan RTH ramah lingkungan, kita telah menjalin komunikasi dan kerjasama dengan PDAM Jombang untuk ketersediaan air layak minum di areal RTH. Selain itu, pembangunan ornamen atau Building di areal RTH, sebisa mungkin kita minimalisasi. dengan patokan 80 persen untuk vegetasi dan 20 persen dipergunakan untuk bangunan permanen," terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertamanan Dinas PU Ciptakarya, Pertamanan dan Kebersihan Kabupaten Jombang Miftahul Ulum mengatakan, untuk RTH Keplaksari akan dilakukan pembangunan beberapa sarana tambahan. “Di areal RTH akan kita bangun jogging track dan areal parkir atau areal perkerasan. Selain itu, untuk mempercantik RTH Keplaksari, juga akan di bangun pagar dan gapura pada jalan masuk areal RTH," terang Ulum. (bir)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional