Ribuan Warga Rame-Rame Cari Ikan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ribuan Warga Rame-Rame Cari Ikan

Warga Desa Buduk SIdorejo, Jombang tengah cari ikan secara massal

Tradisi Tahunan Sambut Musim Hujan

Jombang-(satujurnal.com)
 Ribuan warga di Desa Buduk Sidorejo , Kecamatan Sumobito Jombang melakukan tradisi berburu ikan secara massal di dalam sungai setempat. Tradisi ini digelar warga dalam musim hujan tiba. Begitu pintu sungai dibuka ribuan warga langsung tumpah ruah menceburkan ke sungai.

Dengan membawa sejumlah alat pencari ikan sederhana, ribuan warga ini tampak bersiap-siap menangkap sejumlah ikan yang sedang ikut hanyut bersama aliran air sungai. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga tampak larut dalam perburuan ikan massal tersebut.

 Tradisi ini digelar setiap satu kali dalam setahun saat pintu sungai dibuka. Tujuan lain, yakni mengantasipasi datangnya banjir. Menurut salah satu warga, tradisi mencari ikan massal di anak sungai Brantas tersebut dilakukan sejak puluhan tahun lalu. "Momen ini sangat dinantikan warga," ujar wariyono, warga setempat.

 Ribuan jenis ikan yang terbawa aliran sungai membuat warga dengan mudah menangkap ikan tersebut secara beramai-ramai. Bahkan, jika mahir menangkap satu orang saja bisa mendapat 5 kilogram ikan.

Antusiasme warga melakukan tradisi mencari ikan massal lantaran ikan yang masih segar dan tidak dalam keadaan mabuk. Beberapa warga yang bisa mendapatkan ikan, rencananya akan dijadikan tambahan lauk-pauk untuk dimakan. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional