Rp 3,83 M untuk Setengah Ruas Jalan Peterongan - Kaliwungu - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Rp 3,83 M untuk Setengah Ruas Jalan Peterongan - Kaliwungu

Jl Raya Peterongan (ft:istimewa)

Jombang-(satujurnal.com)
Kondisi ruas jalan sepanjang Peterongan - Kaliwungu, Jombang kian parah. Beberapa titik menunjukkan lubang jalan yang dalam dan melebar. Kondisi ini membahayakan bagi pengguna jalan, utamanya kendaraan roda dua. Jika hujan turun, lubang jalan tertutup air. Jika pengendara motor roda dua tak hati-hati akan berakibat fatal. Bisa jadi tergelincir dan jatuh.

Pemkab Jombang menyediakan anggaran untuk program peningkatan dan pelebaran jalan ruas jalan ini sebesar Rp 3,83 miliar. Namun, leading sector pekerjaan jalan, Dinas PU Binamarga menyebut angka itu tidak cukup untuk mengcover keseluruhan proyek. Anggaran milliaran rupiah itu disebut hanya cukup untuk pelebaran jalan dan peningkatan setengah dari ruas jalan Peterongan - Kaliwungu.

Harie Oetomo, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) paket pekerjaan peningkatan dan pelebaran ruas jalan Peterongan - Kaliwungu tak menampik jika kondisi ruas jalan tersebut terkategori rusak berat. Namun yang pasti pihaknya sudah melaksanakan tender dan saat ini sudah dalam tahapan pengerjaan proyek.

"Memang kondisi ruas jalan Peterongan - Kaliwungu sudah rusak cukup parah. Sebagai jalur alternatif menuju Kediri dan Nganjuk, kendaraan di ruas ini makin padat. Untuk kepentingan perbaikan, tahun ini dianggarkan Rp 3,83 miliar untuk peningkatan dan pelebaran jalan. Saat ini masih dalam tahap pengerjaan,” kata Harie.

Menurut Harie, anggaran itu hanya untuk pekerjaan setengah dari ruas jalan Peterongan - Kaliwungu. "Anggaran yang ada disesuaikan. Jadi tidak keseluruhan dari ruas jalan. Peningkatan dan pelebaran kira kira hanya setengah dari di Ruas jalan,” kilahnya.

Meski waktu penyelesaian proyek ditetapkan tanggal 24 Desember mendatang, namun pihaknya berharap tanggal 15 Desember mendatang proyek itu sudah kelar.

Sementara untuk kelanjutan proyek itu, menurut Harie, dianggarkan di pos APBD tahun depan. “Untuk program pembangunan lanjutan ruas jalan Peterongan - Kaliwungu, dianggarkan tahun 2013,” imbuh dia.

Senada dikatakan Kepala (UPT) Unit Pelaksana Tekhnis Dinas Pekerjaan Umum Binamarga Wilayah Mojoagung, Musawer. Menurutnya perbaikan dan perawatan ruas jalan Peterongan - Kaliwungu harus disegerakan sebelum kondisi jalan bertambah parah.

"Kita sudah memprogramkan pemeliharaan insidentil di ruas jalan Peterongan - Kaliwungu. Namun, kita masih menunggu giliran. Ini tak lepas dari dari minimnya tenaga dan peralatan yang ada," jelas Musawer. (bir)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional