Sebelas Anggota Dewan Mangkir - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Sebelas Anggota Dewan Mangkir



- Paripurna Sempat Molor


Jombang-(satujurnal.com)
Keaktifan wakil rakyat dalam mengikuti agenda penting seperti sidang paripurna, patut dipertanyakan. Buktinya dalam pendapat akhir fraksi atas Raperda tentang anggaran pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013, Selasa (20/11/2012), tercatat sedikitnya ada sebelas anggota dewan tak hadir alias absen.

Tak pelak, persidangan yang semestinya dimulai pukul 09.30 dari rencana undangan pukul 09.00  itu sempat molor hingga dua jam. Hanya beberapa anggota dewan yang terlihat hadir tepat waktu dan duduk di tempat yang telah disediakan. Sejumlah undangan dari SKPD dan camat terlihat ngobrol santai di ruang tamu.

Bahkan ketika Wabup Widjono Soeparno tiba di gedung rakyat sekitar pukul 10.30, beberapa anggota dewan yang lain, baru memasuki ruang sidang dengan santai. Sepuluh menit kemudian, persidangan baru dimulai dengan penandatangan kerjasama pemerintahan.

''Berdasarkan absen yang masuk, saat ini ada 11 anggota dewan yang tidak hadir,'' ujar Sekretaris DPRD Jombang, Yusuf Wibisono saat menyampaikan kondisi absensi wakil rakyat dimuka sidang sambil merinci nama-nama anggota fraksi yang tidak hadir itu.

Diantara anggota dewan yang mangkir itu dari Fraksi PDI Perjuangan 2 orang, Fraksi Demokrat 1 orang, Fraksi Golongan Karya 1 orang, Fraksi Kebangkitan Bangsa 1 orang, Fraksi Persatuan Pembangunan 2 orang, Fraksi Hanura 2 orang dan Fraksi Peduli Keadilan 2 orang.

Ketua DPRD Jombang, Bahana Bella Benanda, didepan persidangan menyatakan bahwa sidang memenuhi telah kuorum karena dari 50 anggota dewan itu tercatat 39 hadir. Sehingga agenda paripurna pendapat akhir fraksi tersebut bisa dilaksanakan. ''Sesuai pasal yang berlaku sidang ini bisa dilaksanakan,'' pungkasnya.

Sementara itu, dalam pendapat akhir fraksi itu sebagian fraksi menyoroti suasana politik menjelang Pemilukada. Salah satunya Fraksi Demokrat dan Fraksi Hanura Keadilan Persatuan yang menyentil sejumlah atribut Pilkada di sudut-sudut kota sebagai pemanasan mesin partai politik. Sehingga fraksi ini berharap tetap menjaga suasana psikologis masyarakat agar tetap kondusif dan harmonis. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional