Warga Dua Desa Tutup Paksa Galian C - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Warga Dua Desa Tutup Paksa Galian C


Warga dua desa tengah membubarkan aktivitas galian C
Mojokerto-(satujurnal.com)
Ratusan warga  Desa Pandanarum dan Desa Simbaringin, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto beramai-ramai mengusir alat berat bechue dan mengobrak-abrik lokasi galian C di Dusun Njarum, milik Rudi Sutato, warga Surabaya. 

Aksi ratusan warga ini dipicu kekhawatiran kerusakan lingkungan dan lahan pertanian serta aliran sungai .
“Tanah produktif rusak dan longsor. Air sungai keruh hingga tak layak konsumsi,” kata koordinator aksi, Lazim (53). Senin (19/11/2012).

Menurutnya, lokasi galian C yang berada di tengah sungai Njarum tersebut menyebabkan aliran sungai tersumbat hingga tidak lagi bisa digunakan petani untuk irigasi. Akibatnya, tujuh hektar tanaman padi milik petani terancam gagal panen karena tidak mendapatkan air.

“Semua aktivitas galian kita hentikan. Dan warga sepakat menutup akses masuk alat berat dengan mematok besi di tengah jalan. Jika dihentikan, bisa dipastikan saat musim hujan akan terjadi longsor dan banjir bandang. ,” lontar Lazim.

Warga, lanjut dia, secepatnya mengadukan persoalan ini ke Kapolres Mojokerto. “Kami minta agar lokasi galian ini segera ditutup karena ilegal dan merusak lingkungan," tegasnya.(wie) 



Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional