Amankan Malam Natal, Polisi Jaga Ketat Puluhan Gereja - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Amankan Malam Natal, Polisi Jaga Ketat Puluhan Gereja


Mojokerto-(satujurnal.com)
Puluhan Gereja di wilayah hukum Polresta dan Polres Mojokerto mendapatkan pengamanan ketat pada malam perayaan Natal. Kapolresta Mojokerto, AKBP Iwan Kurniawan dan Kapolres Mojokerto, AKBP Eko Puji Nugroho turun langsung ke sejumlah gereja dan pos pengamanan Natal memantau kondisi misa Natal malam ini. Ratusan personel diturunkan dua markas polres ini untuk mengamankan malam suci umat Kristiani ini.

Sementara pengamanan terhadap tiga gereja yang menjadi sasaran terotis tahun 2000 silam, yakni Gereja Allah Baik (GAB) di Jalan HOS Tjokroaminoto, Gereja Santo Yosef di Jalan Pemuda dan Gereja Eben Haizer di Jalan RA Kartini, tampak lebih ketat lagi. Akses jalan menuju tiga gereja ini ditutup untuk umum.

Di GAB, aparat keamanan bersiaga penuh. Polisi bersama TNI dan Banser NU serta beberapa elemen masyarakat memeriksa bawaan jemaat gereja diperiksa satu persatu. Demikian juga di Gereja Eben Haizer dan Santo Yosef, Polisi dibantu TNI, Banser NU dan sejumlah ormas

Kapolresta Mojokerto AKBP Iwan Kurniawan mengatakan, tak ada pengecualian gereja yang dijaga ketat. Semua gereja di Kota Mojokerto, dijaga ketat 24 jam. "Kami jalankan sesuai protap. Pengamanan semaksimal mungkin," katanya, Senin (24/12/2012).

Ia berharap, malam Natal tahun ini berjalan aman dan nyaman. Tidak ada lagi insiden yang menyebabkan kegiatan ibadah terganggu. 

Sementara itu, Kapolres Mojokerto, AKBP Eko mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir dalam melaksanakan Natal dan Tahun Baru. “Polisi bersama TNI dan sejumlah ormas dan instansi terkait sudah siap melakukan pengamanan,” kata Eko.

Menurutn Kapolres, disetiap gereja dilakukan pengamanan secara ketat. “Siapa pun yang akan masuk gereja akan diperiksa dengan metal detector untuk antisipasi bom dan aksi-aksi kriminalitas,” tandasnya. 

Di wilayah Polresta Mojokerto dengan 9 wilayah polsek, terdapat 49 gereja. Sebanyak 295 personel diturunkan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru. Sedang di Polres Mojokerto dengan 11 wilayah polsek, terdapat 25 gereja. Polres menurunkan 329 personel. (wie) 

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional