Bom Mortir Jaman Belanda Ditemukan Pekerja Proyek. - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Bom Mortir Jaman Belanda Ditemukan Pekerja Proyek.

Petugas Polsek dan Koramil Sumobito Jombang saat akan mengevakuasi Bom Mortil Aktif

Jombang-(satu jurnal.com)
Sebuah mortir aktif dengan diameter 30 sentimeter dan panjang sekitar 1 meter ditemukan oleh pekerja proyek pelebaran jalan di Desa Madiopuro Kecamatan Sumobito, Jombang. Bom bersirip yang biasa dijatuhkan dari pesawat terbang itu diduga sisa jaman perang Indonesia - Belanda..

Penemuan bom mortir sempat membuat para pekerja panik, lantaran takut meledak. Mereka pun melaporkan temuan itu ke polisi.

Evakuasi mortil ke Mapolsek Jombang oleh petugas Polsek dan Korami dilakukan esktra hati-hati.

“Atas temua mortil, kami langsung melakukan evakuasi ke Mapolres Jombang. Ini kami lakukan untuk mengindari ekses negatif serta keamanan,” kata Kapolsek Sumobito, AKP Fatkurahman, Minggu (16/12/2012)

Struktur benda yang beratnya mencapai 80 kilogram itu terlihat masih lengkap. Pada pangkal mortir masih terdapat cincin melingkar. Selain itu juga terdapat penggalang sedangkan pada bagian ujung mortir masih terdapat pemantik,dilihat dari strukturnya yang masih komplit. “Mortir ini masih aktif,” ujar Fatkhurahman. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional