Penahan Jalan Ruas Brangkal - Tangunan Jebol - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Penahan Jalan Ruas Brangkal - Tangunan Jebol


Salah satu titik penahan jalan ruang Brangkal - Tangunan



Mojokerto-(satujurnal.com)
Kerusakan beberapa titik tembok penahan jalan pasca selesainya proyek peningkatan dan pelebaran ruas jalan Brangkal - Tangunan Tahap 1  memantik reaksi minor. Pasalnya, proyek yang didanai APBD Kabupaten Mojokerto tahun anggaran (TA) 2012 senilai Rp. 1.969.041.000,-  baru kelas tiga bulan lalu.

“Kerusakan tembok penahan jalan ini patut disayangkan. Karena proyek ini relatif baru,” ujar Yanto, warga Tangunan saat dilokasi, Selasa (04/12/2012).
Meski tak berpretensi menilai secara teknis, Yanto yang mengaku mengetahui kelangsungan proyek lantaran dirinya warga di sekitar proyek berharap dinas terkait secepatnya mengambil langkah untuk perbaikan tembok tersebut. “Bisa jadi karena pengaspalan hot mix yang kurang merata,” katanya. 

Pimpro pembangunan ruas jalan Brangkal - Tangunan Tahap I, Didik Pancaning Argo mengatakan, proyek dengan volume 60 X 800 meter dan  7 X 1.467 meter, yang digarap mulai tanggal 20 Juni 2012 sampai dengan 17 Oktober 2012 oleh CV. AGT sudah sesuai dengan ketentuan. Ia pun secara tegas menepis tudingan miring soal kerusakan tembok penahan jalan tersebut. Menurut salah satu pejabat Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Mojokerto tersebut, tembok penahan merupakan bangunan lama.

"Kita sudah melakukan kontrol dan pengawasan sesuai dengan ketentuan mengenai pembangunan jalan tersebut. Terkait tembok penahan yang mengalami kerusakan, itu tembok penahan bangunan lama," tandas Didik. 

Pun soal ketebalan aspal jenis Hot mix yang dipergunakan untuk ruas jalan tersebut, menurut Didik tergantung pada kondisi di lapangan. “Ketebalan hot mix tidak harus semuanya sama. Kondisional. Jadi ada yang tipis dan ada yang tebal," tukasnya. (bir)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional