“Perang-Perangan” Ala Komunitas Kodok Ngorek - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

“Perang-Perangan” Ala Komunitas Kodok Ngorek

Kretekan, Perang-perangan Ala Komunitas Kodok Ngorek Jombang

LIBUR PANJANG sekolah memang waktu yang menyenangkan bagi anak-anak, seperti yang dilakukan anak-anak komunitas Kodok Ngorek, Desa Sumbermulyo, Jombang ini.

Ya! memanfaatkan alam sekitar seperti batang daun pisang, ternyata bisa dijadikan permainan yang seru dan menyenangkan, mula-mula. daun pisang dipisahkan dari batangnya dan diiris tipis dibagian pinggir yang kemudian disebutlah Kretekan atau tembak-tembakan. Disebut kretekan karena saat dimainkan mengeluarkan suara yang serempak.

Tak hanya batangnya saja yang disulap jadi mainan menarik, daunnya pun bisa dijadikan baju perang ala Suku Dayak oleh anak-anak.

Ya! setelah semuanya jadi, maka permainan perang-perangan pun bisa dilakukan beramai-ramai dengan dibagi dua kelompok.

Anak-anak ini mengaku permainan perang-perangan dari batang daun pisang ini sangat menyenangkan. Apalagi dimainkan saat libur panjang sekolah, begitu seru dan terasa mengasyikkan.

Pembina komunitas Kodok Ngorek mengaku permainan perang-perangan dengan batang daun pisang bisa juga disebut Trotokan, permainan ini dilakukan oleh dua kelompok untuk meningkatkan rasa solidaritas dan kekompakan kerja tim, Selain itu dipilihnya permainan tradisional dibandingkan permainan modern yakni agar anak-anak bisa berkreasi.

Bagaimana? menyenangkan bukan? selain tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam saat liburan, karena permainan ini berasal dari alam sekitar, juga mampu mengasah kreatifitas anak-anak anda dan tentunya
sangat seru dan menyenangkan.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional