Perbanyak Komunitas Pecatur - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Perbanyak Komunitas Pecatur

Ketua Percasi Kota Mojokerto - M Ali Imron
      
PETA potensi pecatur terus digali Percasi (Pesatuan Catur Indonesia) Kota Mojokerto. Permainan mental yang masuk dalam naungan KONI ini memang lebih diakrabi penghobinya saja. Namun, Ketua Percasi Kota Mojokerto, M Ali Imron meyakini, jika nantinya peminat catur bakal meluas. Bahkan, bibit-bibit grand master catur bisa jadi lahir dari polesan Percasi. Tak hanya menyakini, sejumlah program pun disiapkan, utamanya untuk menghadapi Porprov 2013 mendatang. 

Ali Imron yang kini menjabat Kabag Kesra Pemkot Mojokerto ini mengusung helatan seputaran catur, diantaranya warung catur, bengkel catur, serta kejuaran catur pelajar.

Sekolah catur yang berlokasi di kawasan Kelurahan Sentanan, Kecamatan Magersari pun buah gagasan Ali Imron. Hanya saja, khalayak belum banyak yang mengetahui sekolah itu.

Kantong-kantong pecatur yang ia garap memang bertujuan agar bermunculan pecatur-pecatur muda berbakat. “Hasil evaluasi kami, catur itu masih belum dikenal secara luas. Hanya kalangan penghobi saja yang berminat. Padahal, kalau kita kenalkan, pasti banyak yang suka,’’ kata Imron.

Diantara terobosan yang ia garap agar olah raga idividual itu bergairah, yakni dengan mendekatkan catur dengan simpul berkumpul warga, seperti warung, bengkel servis.’”Akhir pekan ini, kita gagas Warung Percasi di kawasan Magersari,’’ terang dia. 

Memang terdengar simple, namun obsesi membuka dan menebarkan fasilitas catur di sejumlah bengkel-bengkel bukan hal yang tidak bisa terwujud. “Sembari menunggu kendaraan diservis, warga bisa memanfaatkan bidak-bidak catur. Nanti, pada pamungkasnya diadakan kejuaraan catur,” katanya.

Sementara untuk kejuaraan catur, Ali Imron condong untuk kalangan pelajar. “Kita harap akan muncul pecatur-pecatur cilik berbakat,” pungkas dia. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional