PU Tak Tahu Menahu - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

PU Tak Tahu Menahu


Tembok penahan jalan ruas Brangkal - Tangunan yang jebol
- Soal Perbaikan Tembok Penahan Jalan Ruas Brangkal - Tangunan

Mojokerto-(satujurnal.com)
Diam-diam kerusakan tembok penahan jalan ruas jalan Brangkal - Tangunan pasca pengerjaan proyek mulai tampak diperbaiki. Namun, soal perbaikan itu sendiri, Dinas PU Binamarga Kabupaten Mojokerto mengaku tak tahu menahu.

Yanto, warga Tangunan mengatakan, beberapa pekerja tampak memperbaiki penahan jalan. “Mulai pagi tadi beberapa pekerja membenahi dan memperbaiki penahan jalan yang rusak,” ungkap dia, Rabu (05/12/2012).

Pripro proyek pembangunan ruas jalan Brangkal - Tangunan Tahap I, Didik Pancaning Argo mengutarakan jika pihak mengetahui jika hari ini ada pembenahan dan perbaikan tembok penahan jalan. “Siapa yang mengerjakan dan kapan mulai dikerjakan, saya tidak tahu,” akunya.

Namun demikian, Didik mengatakan jika pihaknya segera turun untuk melihat kegiatan tersebut. “Tapi yang pasti, pekerjaan itu bukan satu paket dengan paket pekerjaan itu,” tukasnya.

Sebelumnya, kerusakan beberapa titik tembok penahan jalan pasca selesainya proyek peningkatan dan pelebaran ruas jalan Brangkal - Tangunan Tahap 1 memantik reaksi minor. Pasalnya, proyek yang didanai APBD Kabupaten Mojokerto tahun anggaran (TA) 2012 senilai Rp. 1.969.041.000,-  baru kelar tiga bulan lalu.

Didik mengatakan, proyek dengan volume 60 X 800 meter dan  7 X 1.467 meter, yang digarap mulai tanggal 20 Juni 2012 sampai dengan 17 Oktober 2012 oleh CV. AGT sudah sesuai dengan ketentuan. Ia pun secara tegas menepis tudingan miring soal kerusakan tembok penahan jalan tersebut. Menurut salah satu pejabat Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Mojokerto tersebut, tembok penahan merupakan bangunan lama.

"Kita sudah melakukan kontrol dan pengawasan sesuai dengan ketentuan mengenai pembangunan jalan tersebut. Terkait tembok penahan yang mengalami kerusakan, itu tembok penahan bangunan lama," tandas Didik. (bir)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional