Ratusan PKL Alon-Alon Digeser Ke Benpas - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ratusan PKL Alon-Alon Digeser Ke Benpas


Area relokasi PKL di Benpas siap tampung 248 pedagang
Mojokerto-(satujurnal.com)
Ratusan pedagang kreatif lapangan (PKL) Alon-alon Kota Mojokerto mulai kemas-kemas menempati area baru di kawasan jalan Benteng Pancasila (Benpas). Bedak berukuran 2 meter x 3 meter sebanyak  210 petak disediakan Pemkot Mojokerto untuk usaha mereka.

Sekretaris I panitia relokasi PKL Alon-alon, B Djoni Julianto mengutarakan hal itu usai rapat pematangan dengan tim relokasi dan pengurus Himpunan Pedagang Alon-Alon Kota Mojokerto (Hipam), Selasa (11/12/2012).

“Sudah terjadi kesepakatan-kesepakatan. Mulai tanggal 13 Desember nanti PKL mulai kemas-kemas ke area Benpas,” ujar Djoni menyebut hasil rapat yang digelar kesekian kalinya untuk mematangkan relokasi kali kedua bagi Pemkot Mojokerto tersebut.

Djoni yang kini menjabat Kasatpol PP Kota Mojokerto ini memaparkan, bangunan relokasi satu area terbagi menjadi 210 sekat terbuka. Idealnya, jumlah PKL yang tertampung sejumlah sekat yang ada. Namun, karena jumlah PKL Alon-alon sebanyak 237 dan PKL Tropodo, Meri sebanyak 11 orang, maka agar semua tertampung, dari jumlah sekat yang ada akan direkayasa. 

“Tidak lagi mempertimbangkan PKL itu tergabung dalam Hipam atau tidak. Yang terpenting, para PKL yang sudah melakukan usaha di Alon-alon setidaknya kurun dua tahun terakhir kita tampung di area relokasi. Soal penempatannya, disepakati dengan mengelola sekat yang ada saja. Termasuk untuk 11 PKL Tropodo yang notabene PKL sekitar kawasan Benpas,” terang Djoni.

Bisa direkayasa demikian, kata Djoni, karena ragam dagangan PKL dan ruang yang dibutuhkan berbeda-beda. “Pedagang kecil , seperti pedagang krupuk tentunya bisa bersebelahan dengan pedagang yang sama. Itu yang kita atur. Prinsipnya semua pedagang tertampung,” ulang dia.

Dipastikan pula, kurun tiga bulan pertama sejak relokasi yang direncanakan di-launching Walikota Abdul Gani Suhartono 21 Desember mendatang, PKL bebas segala jenis retribusi. “Tapi untuk urusan listrik, tetap menjadi tanggungan mereka (PKL),” sergah Djoni.

Sementara itu dari pantauan satujurnal.com, proyek area relokasi Alun-alun yang menguras pundi APBD 2012 Rp 1,5 miliar yang berada di sisi barat area relokasi PKL Joko Sambang di Benpas sudah rampung.

Setelah  PKL Alun-alun direlokasi ke kawasan Benpas ini, menurut Walikota Abdul Gani Suhartono, nantinya alun-alun akan ditata ulang dan dijadikan taman bernuansa Mojopahit dan fasilitas umum (fasum) bagi warga. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional