Ada Lesehan Prancis di UNIPDU - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ada Lesehan Prancis di UNIPDU


UNIPDU (universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum) Jombang selalu mengedepankan keterbukaan. Hal itu terbukti dengan dibukanya secara resmi 'Lesehan Prancis' di kampus yang terletak di kawasan Ponpes Darul ulum Rejoso Jombang, Senin (28/1/2013).

Ya Lesehan Prancis bukan berisi produk kuliner ,namun lembaga tersebut didirikan sebagai wadah yang menampung berbagai informasi mengenai Prancis. "mulai dari pendidikan, budaya dan bahasa.Kebetulan tahun ini kami mencanangkan tahun komunikasi," kata rektor UNIPDU, Prof. Dr. H. Ahmad Zahro, MA.

Wakil Rektor UNIPDU, Dr. HM Zulfikar As'ad menuturkan, ide memunculkan Lesehan Prancis berawal dari kerjasama antara UNIPDU dengan IFI (Institut France d'Indonesia) atau institut Prancis di Indonesia.

Berbagai macam acara akan diadakan di Lesehan Prancis setiap bulannya, diantaranya  trial kursus bahasa Prancis gratis, pergelaran sinema Prancis, presentasi studi dan beasiswa di Prancis.

"Lesehan Prancis  untuk lebih memperkenalkan Prancis kepada masyarakat Jombang, pada khususnya, dan lingkungan sekitar pada umumnya. Jadi warga Jombang yang ingin belajar tentang prancis silahkan mampir ke lesehan ini," ujar gus ufik sapaan akrab Zulfikar As'ad.

Berbagai fasilitas disediakan di lesehan ,diantaranya, sepasang layar dan DVD yang bebas digunakan dan dipakai oleh para pengunjung,buku-buku dan majalah berbahasa Prancis, koneksi internet, dan tempat bersantai.

Selain dihadiri beberapa pejabat UNIPDU seperti rektor, wakil rektor, ketua pusat studi bahasa, acara tersebut juga dihadiri  Mathieu Dumesnil, Direktur IFI Surabaya, serta tim lainnya.

Mathieu mengatakan, di Indonesia, IFI atau Campus France adalah badan dibawah Kedutaan Prancis untuk Indonesia. Sedangkan misinya adalah memberikan informasi, orientasi dan bimbingan studi untuk mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan ke Prancis untuk jenjang S-1, S-2 sampai S-3. "untuk di Jatim UNIPDU merupakan yang kedua. Yang pertama di UNAIR Surabaya," pungkas warga Prancis ini.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional