Banjir Pacet Jebolkan 8 Pintu Air, Puluhan Hektar Sawah Rusak - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Banjir Pacet Jebolkan 8 Pintu Air, Puluhan Hektar Sawah Rusak


Mojokerto-(satujurnal.com)Banjir bandang yang terjadi pada Minggu (13/01/2013) malam di wilayah Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto mengakibatkan delapan pintu air jebol dan hektaran areal pertanian tertimbun material batu dan lumpur. Hingga Senin (14/01/2013) pagi, aliran air dari lereng Gunung Welirang masih deras mengalir sepanjang sungai Pikatan.

Aliran air cukup deras dari hulu sungai ini terus menadi tontonan warga setempat. Terutama di pintu air wilayah Desa Padi. Nampak aliran air masih dengan derasnya mengalir ke arah hilir.

Akibat banjir bandang ini, tiga rumah warga nyaris runtuh. Karena saat ini tanggul di bawah bangunan rumah warga itu terjadi longsor hingga limapuluh meter. Warga sekitar longsoran dan sepanjang aliran sungai mulai cemas.

Menurut beberapa orang warga, penyebab banjir yakni turunnya hujan Minggu (13/01/2013) sejak pukul 14:00 WIB hingga pukul 20:00 WIB. Dan debet air di sungai Pikatan terus meninggi hingga mengakibatkan longsor di rumah warga di wilayah Desa Briti, Kecamatan Pacet.

Sementara itu di wilayah Desa Kemiri, hektaran areal pertanian musnah. Hal itu dikarenakan terjadi longsor terbing dan meluasnya sungai hingga menerobos areal pertanian. Timbunan material pun merusak lahan pertanian. (wie)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional