Demokrat Bangun Koalisi Poros Tengah - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Demokrat Bangun Koalisi Poros Tengah

Jombang-(satujurnal.com)
Partai Demokrat Jombang membangun koalisi dengan Partai Hanura dan PKPB (Partai Karya Peduli Bangsa) menghadapi Pemilukada 5 Juni 2013 mendatang. Hanya saja, koalisi yang diberi nama “Poros Tengah’ ini

Pembentukan koalisi ‘Poros Tengah’ dalam format deklarasi dihadiri oleh masing-masing ketua parpol, yakni Gangsar Raharjo (Ketua Partai Demokrat), Kartijo (Ketua Partai Hanura), serta Siswo Iryana (Ketua PKPB). Puluhan simpatisan ketiga parpol,di hotel Yusro, Jombang, Rabu (30/01/2013).

Ketua Koalisi Poros Tengah, Ahmad Tohari, mengatakan, tiga parpol sudah bertekad untuk mengusung calon sendiri dalam pilbup Jombang, 5 Juni mendatang. Total kursi di parlemen ketiga partai tersebut sebanyak 12. Dengan rincian, Partai Demokrat sebanyak 7 kursi, Partai Hanura sebanyak 3 kursi, dan PKPB sebanyak 2 kursi.

"Untuk bisa mengusung calon dalam pilbup, maka parpol harus memiliki minimal 8 kursi di dewan. Dari kaolisi poros tengah ini kami mengantongi 12 kursi. Artinya, koalisi poros tengah sangat layak untuk mengusung calon sendiri," cetus Tohari.

Tohari mengatakan,pihaknya belum bisa menyebut siapa calon yang akan diusung oleh koalisi poros tengah. Karena calon tersebut akan diumumkan pada 14 Pebruari mendatang dan  poros tengah masih membuka peluang bagi masyarakat Jombang yang ingin runing pilkada lewat koalisi tersebut.

Tohari juga memastikan, tiga parpol yang tergabung dalam koalisi poros tengah siap menggerakkan mesin partainya masing-masing guna memenangkan calon yang akan diusung. "Mesin partai dari ranting hingga cabang sudah siap. Dan paling lambat tanggal 14 Pebruari, calon dari koalisi poros tengah kita umumkan. Karena sesuai tahapan, tanggal 16  Pebruari, KPU sudah membuka pendaftaran," pungkas Tohari.

Dengan munculnya koalisi poros tengah, berarti peta politik menjelang pemilukada di Jombang semakin sumringah. Karena partai besar lainnya juga sudah menyorongkan jagonya. Diantaranya, PDIP mengusung pasangan WIRA (Widjono Soeparno - Sumrambah). Widjono saat ini menjabat sebagai  wabup Jombang, sedangkan Sumrambah adalah Ketua DPC PDIP yang juga anggota DPRD Jatim.

Calon selanjutnya adalah Nyono Suharli (Ketua DPD Partai Golkar). Meski belum menentukan cawabupnya, namun Nyono mendapat dukungan dari PPP, PKS, serta Golkar sendiri. Sedangkan PKB, memunculkan nama Munir Alfanani. Hanya saja, hingga saat ini koalisi yang dibangun oleh PKB juga belum jelas. Kondisi tersebut sama halnya dengan PAN.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional