Dewan Syuro PKB Jatim Dukung Gus Ipul - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Dewan Syuro PKB Jatim Dukung Gus Ipul

Jombang-(satujurnal.com).
Dewan Syuro DPW PKB Jatim sepakat menyatakan dukungan terhadap wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf untuk maju sebagai calon gubernur Jawa Timur. Dukungan ini telah disampaikan kepada Ketua Dewan Syuro DPP PKB, KH Azis Mansyur.

Dalam pertemuan jajaran pengurus Dewan Syuro DPW PKB yang digelar di pesantren Tarbiyatun Nasyi’in Pacul Gowang, Diwek Jombang, Minggu (13/01/2013) hadir dalam acara itu,  Ketua Dewan Syuro, KH KH Abdussalam Mujib bersama Sekretaris, KH Muqorrobin serta KH Mas Yusuf Muhajir, (Sidoresmo Surabaya), KH Suharbillah, KH Muhsin Nurhadi (Surabaya), KH KH Mas Nidzom (Surabaya) KH Mas Said Aly, KH Mujtaba (Pasuruan).

“Kita telah sepakat untuk mendukung Gus Ipul maju pada pilgub jatim mendatang, “terang KH Abdussalam Mujib, usai pertemuan yang digelar hampir satu jam lebih.

KH Mujib mengatakan, jatuhnya pilihan terhadap Gus Ipul dikatakannya karena mantan ketua GP Ansor ini telah teruji dan elektabilitasnya tinggi.

“Gus Ipul juga pernah menjabat sebagai sekjen DPP PKB, serta sudah pernah magang sebagai Wakil Gubernur Jatim.  Kita mengusulkan Gus Ipul menjadi calon gubernur kalau bisa,” tandasnya.

Terkait kecondongan DPP PKB terhadap Ketua Muslimat NU, Khofifah Indarparwansah, pengasuh Pesantren Al Khozini Buduran Sidoarjo ini mengatakan, bahwa yang tahu persoalan Jawa Timur dalam orang Jawa Timur. Karenanya,hasil keputusan Dewan Syuro DPW Jatim ini akan disampaikan kepada DPP untuk menjadi pertimbangan.

“Kita sudah sampaikan ini ke Ketua Dewan Syuro DPP, KH Azis Mansyur, karena yang mempunyai kebijakan dalam partai PKB adalah Dewan Syuro,”ujarnya seraya mengatakan selama ini Dewan syuro banyak ditinggalkan oleh ketua Dewan tanfidz dalam mengambil keputusan.

Ketua Dewan Syuro DPP PKB, KH Azis Mansyur menyetujui usulan dari  Jawa Timur yang mengusung Gus Ipul menjadi  Calon gubernur. Karena menurutnya yang mengetahui kondisi Jawa Timur adalah orang Jawa Timur.”Wajar sekali para kyai kyai ini menyampaikan usulannya, agar Gus Ipul maju menjadi nomor satu,”jelasnya.                 .

Pengasuh PP Tarbiyatun Nasyiin Pacul Gowang ini menambahkan, kecondongan DPP PKB terkait dukungan terhadap Khofifah selama ini belum sama sekali dibicarakan dengan kalangan dewan syuro.

“Ini nanti sebagai pertimbangan untuk pleno menentukan pilihan PKB,”imbuhnya.

Ia pun mengakui jika selama ini Dewan Syuro banyak ditinggalkan Dewan Tanfidz dalam mengambil keputusan.

Disamping itu, lanjut KH Azis, untuk menjadi gubernur tidak seperti kepala desa. Karena Gubernur harus telah teruji, sedangkan Khofifah belum teruji. “Disamping soal kepemimpinan perempuan yang masih belum cocok bagi kalangan kyai sepuh, seorang gubernur harus telah teruji. Dan Gus Ipul itu sudah magang menjadi wakil gubernur satu periode,” katanya. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional