Isi Liburan, Main Iwak - Iwakan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Isi Liburan, Main Iwak - Iwakan


Jombang-(satujurnal.com)
Ada saja permaianan tradisional anak anak di Jombang. Sekelompok anak usia sekolah dasar asyik bermain iwak - iwakan dihalaman sekolahnya, anak - anak ini sangat senang meskipun kalah dalam permainan dan dihukum gendong .

Mengisi libur sekolah tidaklah harus mengeluarkan biaya seperti permainan di kota  besar, sekelompok anak usia sekolah dasar di Jombang Jawa Timur, didesa Sumber Kecamatan Jogoroto Jombang ini,mengisi liburan sekolah dihalaman sekolahnya.

Permainan iwak - iwakan ini peninggalan nenek moyangnya yang dulunya sering dimainkan saat libur sekolah, permainan iwak - iwakan ini membutuhkan kekompakan dalam kelompoknya yang terdiri lima orang.

Sebelum bermain anak - anak memilih kelompok, setelah itu dua kelompok saling mempertahankan wilayahnya agar tidak diserobot musuhnya, dengan kejar - kejaran dan kekompakan .

Bermian iwak - iwakan ini sangat disenangi oleh anak anak usia 10 hingga 12 tahun, selain untuk membangun kekompakan juga mempunyai percaya diri.

Dalam permainan ini kelompok yang kalah harus dihukum dengan cara menggendong musuhnya, gimana asyik bukan bermaian iwak - iwakan. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional