Pendaftaran Cabup Jombang 16 Februari - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pendaftaran Cabup Jombang 16 Februari

KPU Jombang saat menerima pendaftaran calon independen (isitmewa)

 Jombang, (satujurnal.com)
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang mulai menerima pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati pada 16 februari 2013 mendatang. Namun, meski pelaksanaan Pemilukada Kabupaten Jombang akan dilaksanakan pada 5 Juni 2013, namun hingga kini belum ada pasangan calon yang resmi mendapat rekomendasi partai pendukung.

“Untuk bisa menaftar menjadi bakal calon bupati dan wakil bupati harus memiliki dukungan sebesar 8 kursi di DPRD Jombang. Atau dengan dukungan minimal sebanyak 92.636 suara sah pemilih,” terang Muhaimin Shofi, Ketua Pokja Pencalonan KPU Jombang, Jum’at(28/01/2013) ditemui usai pembagian dana operasional dan honor PPK dan PPS.

Penetapan jumlah kursi itu mengacu pada jumlah kursi DPRD di Kabupaten Jombang dan atau jumlah suara sah pada pemilu legislatif tahun lalu.

Dikatakannya, di Kabupaten Jombang memiliki sebanyak 50 anggota dewan dengan suara sah sebesar 617.567 suara.

“15 persen dari jumlah kursi itu sebanyak 7,5 dan dibulatkan menjadi 8 kursi. Sedangkan jika menggunakan suara sah maka 15 persennya ketemu 92.636 suara,’imbuhnya.

Untuk pemilih pada Pilkada Juni mendatang, dikatakannya jumlah pemilih diperkirakan mencapai 1.064.000 pemilih. Namun Muhaimin belum bisa memastikan, karena jumlah pemilih itu masih dalam data pemilih potensial pemilu atau (DP4). ”Ini masih proses pemutaakhiran data,” tandasnya.

Sementara itu, bererapa gambar bakal calon mulai bermunculan, diantaranya pasangan wakil bupati Jombang, Widjono Soeparno bersama Sumrambah Ketua DPC PDIP Kabupaten Jombang (Wira) yang bakal diusung PDIP, Munir Al fanani dari Partai Kebangkitan bangsa, ketua DPD Partai Golkar, Nyono Soeharly yang telah didukung PPP dan PKS, mantan bupati Ali Fikri dari Partai PAN, mantan Istri Bupati Suyanto, Wiwiek juga Nampak muncul.

Sedangkan untuk calon independen, hingga batas waktu yang ditentukan oleh KPU kemarin tidak ada yang memenuhi persyaratan. Satu pasangan calon dari Independen Hari Warsito  dan Ipong Silalahi yang datang, (12/01/2013) lalu ditolak KPU karena tidak bisa memenuhi persyaratan dukungan sebanyak  42.841 ribu dukungan. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional