Tanggul Brantas Longsor, Pemukiman Warga Terancam Banjir - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Tanggul Brantas Longsor, Pemukiman Warga Terancam Banjir


Jombang-(satujurnal.com)
Disejumlah titik tanggul sungai Brantas longsor. Selain akibat hujan longsor juga diakibatkan maraknya penambangan pasir. Sedikitnya ada dua titik longsor di Desa Menturus Kecamatan Kudu dan desa Sumber Agung Kecamatan Megaluh, Jombang. Warga sekitar sungai Brantas resah, pasalnya, jika tanggul jebol sangat berpotensi merendam pemukiman mereka.

Sekitar lima belas meter tanggul longsor di Desa Menturus akibat hujan deras. Namun longsornya tanggul sejauh ini belum mengganggu aktivitas warga, kendati sejumlah bronjong batu sudah terkikis.

Tanggul sungai Brantas yang longsor juga terjadi di Desa Sumber Agung Kecamatan Megaluh. Sepanjang 100 meter  tanggul longsor dan ambles setengah meter,  karena hujan dalam sepekan ini.

Warga sekitar tanggul mengatakan selain akibat hujan deras longsornya tanggul ini akibat maraknya penambangan pasir ilegal di sungai Brantas.

Juli, salah satu warga Desa Sumber Agung mengatakan, sejak adanya penambangan pasir di sungai Brantas, tanggul sedikit demi sedikit longsor dan gronjong mulai berjatuhan, warga ketakutan apa bila debit air meninggi. “Penambangan pasir mempercepat longsongnya tanggul. Gronjong yang terpasang pun mulai rontok,” ujarnya.

Jika hujan lebat turun, warga desa ini was-was. Karena terus bertambahnya debit sungai Brantas. Selain itu setiap hari pasti ada tanggul yang longsor. Ditambah lagi gronjong batu penahan tanggul sudah banyak yang ikut terkikis longsoran. “Kami sangat khawatir akan terjadi banjir yang hampir dipastikan menendam pemukiman. Untuk itu kami minta Pemkab Jombang segera mengangani kerusahan tanggul tersebut. (rg)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional