Sidak Acak, Walikota Ketati Absensi PNS - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Sidak Acak, Walikota Ketati Absensi PNS

ft:doc
Mojokerto-(satujurnal.com)
Walikota Mojokerto Abdul Gani Suhartono membuat gebrakan baru terkait tingkat kedisiplinan PNS. Usai apel, Senin (07/01/2013), orang nomor satu di lingkup Pemkot Mojokerto menggelar sidak kehadiran.

Ia pun menyatakan akan melakukan sidak kehadiran secara acak yang bakal digelar di semua SKPD selama lima hari berturut-turut.  Selain itu, sidak kehadiran yang dikemas dalam apel sore pun sudah dirancang.

Langkah ini diambil tak lain untuk melihat langsung kedisiplinan PNS berdasarkan PP No. 53 Tahun 2010.
“Pola sidak acak sekaligus sebagai bentuk penyegaran kembali penerapan aturan kerja PNS sesuai PP No.53/2010,” kata Gani.

Sebenarnya, lanjut dia, PP itu cukup ketat mengatur disiplin PNS. Namun agar implementasinya tidak kabur, perlu ditempel indikator yang jelas. “Jangan sampai saya temukan PNS yang mbolos kerja tanpa alasan yang jelas. Atau asal kerja saja. Kalau saya dapati itu, tidak akan ada toleransi,” tekannya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Mojokerto, M Ali Imron menyatakan akan menindaklanjuti pengetatan kehadiran PNS yang digulirkan walikota. Namun ia menampik jika pola acak absensi PNS lantaran persoalan disiplin PNS Pemkot yang sudah pada taraf krusial. “Bukan karena disiplin PNS sekarang lemah. Tapi penekanan kembali soal disiplin PNS,” katanya seraya mengatakan secara teknis BKD akan memantau absensi para abdi negara tanpa harus diketahui PNS yang bersangkutan. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional