Tuntut Gaji Naik, Ratusan Karyawan Mertex Mogok Kerja - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Tuntut Gaji Naik, Ratusan Karyawan Mertex Mogok Kerja


Mojokerto-(satujurnal.com)
Sekitar 800 karyawan pabrik tekstil, PT Mermaid Tekstil (Mertex), Desa Lengkong, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto memilih mogok kerja, Senin (2/01/2013), hingga tuntutan kenaikan gaji 37,38 persen yang mereka sodorkan dipenuhi manajemen.
 
Pekerja pabrik tekstil terbesar di Mojokerto yang tergabung dalam SPSI ini melakukan aksi dengan duduk-duduk di halaman pabrik. Akibat aksi, aktivitas pabrik lumpuh. Aksi mogok diawali karyawan yang masuk shif pagi pukul 06.00 WIB berlanjut pada karyawan dua shif berikutnya.
 
Puluhan anggota Dalmas Polres Kota Mojokerto disiagakan di halaman pabrik untuk pengamanan.
 
Aksi mogok dipicu tidak diluluskannya tuntutan mereka. Manajemen hanya sanggup mendongkrak kenaikan hingga 12,5 persen.
 
Agung, salah satu karyawan mengatakan tuntutan kenaikan gaji mengacu pada kenaikan gaji di perusahaan tekstil di wilayah Jawa Timur yang mencapai 37,78 persen. “Tinggal Mertex yang belum menaikkan gaji karyawannya,” lontar dia.
 
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Mojokerto akhirnya turun tangan memberikan mediasi antara manajemen dan perwakilan SPSI.
 
Yahya, Ketua SPSI mengatakan, hingga akhir mediasi perusahaan menyanggupi menaikkan gaji  13,9 %. Karena angka itu masih jauh dibawah tuntutan karyawan, mogok kerja akan terus dilakukan. “Kami akan mogok kerja hingga tiga hari dan terus mogok kerja sampai tuntutan dipenuhi,” ancam dia.
 
Agus Anas, Kepala Disnakertrans Kabupaten Mojokerto menyatakan jika pihaknya tidak bisa berbuat banyak, karena perusahaan sudah memenuhi aturan normatif. Bahkan gaji karyawan dibayar di atas UMK.
 
Kendati demikian, Disnakertrans akan terus memantau aksi karyawan. “Belum ada kesepakatan. Dan sebaiknya dirundingkan lagi agar terjadi kesepakatan antara dua belah pihak,” katanya. (wie)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional