Banjir Terjang Tiga Kecamatan, Warga Mulai Evakuasi Hewan Ternak - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Banjir Terjang Tiga Kecamatan, Warga Mulai Evakuasi Hewan Ternak



Mojokerto-(satujurnal.com)
Curah hujan yang tinggi menjadi pemicu banjir di tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Mojokerto, Minggu (24/02/2013). Banjir dipicu luapan sungai dan jebolnya dam yang tak mampu menahan tingginya dibet air. Ancaman banjir bukan saja dari sungai, tetapi hutan kritis dan gundul daerah sekitar disinyalir menjadi pemicu banjir bandang. 

Di Dusun Made, Kecamatan Pacet, dua rumah, milik Bu Kasumi dan Pi’i rusak akibat longsor. Sementara di Dusun Kleco, Desa Centong Kecamatan Gondang, satu warung rusak dan dam jebol. Padahal, biasanya dua desa ini tak pernah terjadi banjir. Banjir menerjang permukiman,sawah dan daratan lantaran secara topografi lebih rendah 

Di Desa Jabon Tegal, Kecamatan Pungging, ketinggian air sudah melewati jembatan jalan raya poros Mojokerto – Pasuruan. Warga di desa ini pun kini mulai mengevakuasi semua hewan ternak mereka. Pun perabotan rumah tangga mereka tak luput dari upaya penyelamatan karena ancaman banjir bandang di depan mata.

Tingginya intensitas hujan membuat masyarakat di tiga kecamatan itu cemas. Secara gravitasi aliran dari anak sungai terus menambah volume air. Ketinggian air menyebabkan seluruh rumah dan pekarangan akibat naiknya air sungai.  Air dari anak sungai mengalir deras ke pemukiman dan persawahan. (wie)
.

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional