Gadis Cantik Jadi Korban Traficking - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Gadis Cantik Jadi Korban Traficking



Jombang (satujurnal.com)

Rut Indah Kusumawati, gadis cantik anak pasangan Kusno dan sumilah warga desa Pulorejo, Kecamatan ngoro jombang, diduga menjadi korban perdagangan manusia atau traficking. Ia dilaporkan hilang sejak 2 Oktober 2012 lalu. Meski keluarga sudah melakukan pencarian, namun Rut belum jelas rimbanya.

M Sholahuddin, Direktur LPPA (Lembaga Perlindungan Perempuan dan Anak)Jombang, mengatakan, pihaknya sudah mendapat laporan dari keluarga korban. Intinya, gadis lulusan SMK di Jombang tahun 2011 ini berangkat dari rumah sejak Oktober 2012. Saat itu Rut berpamitan hendak bekerja di Surabaya

Direktur LPPA ini menambahkan, ada beberapa indikasi yang mengarah Rut merupakan korban sindikat perdagangan manusia. Salah satunya adalah tidak jelasnya alamat, baik tempat kerja atapun teman yang dulu mengajak korban bekerja ke Surabaya.

Orang tua korban pernah mendatangi sebuah bengkel mobil yang katanya menjadi tempat kerja anaknya. Hanya saja, pemilik usaha tersebut mengaku tidak pernah menerima karyawan perempuan. "Ironisnya lagi, orang yang dulu mengajak Rut ke Surabaya juga tidak bisa dilacak. Alamatnya palsu," terangnya.

Sholahuddin meyakini jika anak dari Kusno tersebut menjadi korban trafficking. "Dari lima kasus trafficking yang pernah terjadi di Jombang, modusnya sama. Nah, itu merupakan cara kerja sindikat perdagangan manusia," pungkas Sholahuddin. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional