Wereng Serang Tanaman Padi - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Wereng Serang Tanaman Padi


Jombang-(satujurnal.com)

Hama wereng serang tanaman padi petani di Desa Barongsawahan, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang. Petani kawatir serangan hama wereng meluas.akibatnya petani  mengalami gagal panen jika hama tersebut meluas dan hinggap di tanaman padi mereka.

Untuk mengantisipasi penyebaran hama tersebut, petani setempat melakukan semprotan  insektisida secara massal untuk 170 ha hamparan tanaman padi. "Dari 170 hektar sawah, yang sudah terserang wereng hanya 0,5 hektar. Kami khawatir hama itu meluas, makanya petanu melakukan penyemprotan massal," kata. Ketua Kelompok Tani Dusun Jayan, Desa Barongsawahan, Abdul Khalim, Selasa (26/02/2013).

Khalim mengatakan, jika serangan hama wereng ini tidak diantisipasi secara dini, dipastikan akan menyebar. Saat ini, kata Khalim, hanya serangan hama wereng hanya ada beberapa titik saja. "Begitu ada serangan hama wereng, kami langsung lapor ke Dinas Pertanian Jombang, dan alhamdulillah kami diberi bantuan obat gratis, serta dipinjami alat semprot mesin,  untuk melakukan penyemprotan massal," pungkasnya.

Hal senada juga dikatakan Kepala Dusun Jayan, Syahroni. Dia berharap agar Dinas Pertanian Jombang, melalui PPL (Petugas Penyuluh Lapangan), untuk selalu aktif melakukan pemantauan tanaman padi di Barongsawahan. "Dengan adanya penyuluhan, petani segera bisa melakukan penanggulangan serangan hama wereng," ujar Syahroni. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional