40 Bendahara SKPD Digembleng Pengelolahan Keuangan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

40 Bendahara SKPD Digembleng Pengelolahan Keuangan

Mojokerto-(satujurnal.com)
Sebanyak 40 PNS yang menjadi bendahara di seluruh Satuan Kerja. Perangkat Daerah (SKPD) dibekali ilmu tata cara pengelolahan keuangan daerah. Selama 7 hari  mereka  menjalani pendidikan dan latihan (diklat) yang digelar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Mojokerto.

"Setiap penyelenggaraan keuangan daerah tidak lepas dari sejumlah persoalan. Sebab itu dalam pengelolaannya harus mengacu pada peraturan yang ada," ujar sekretaris BKD Kota Mojokerto Anis Mindarti mewakili Kepala BKD Moh Ali Imron.

 Dalam pelaksanaan diklat yang digelar di Balai Diklat kota Mojokerto itu, peserta akan mendapat materi dari widyaiswara dari BKD Kota Mojokerto, Badan Diklat Provinsi Jawa Timur, Inspektorat serta DPPKA kota Mojokerto.

Materi yang  disajikan diantaranya kebijakan penatausahaan keuangan daerah, serta tata cara penyusunan laporan pertanggungjawaban bendahara.

"Semuanya itu harus sesuai dengan Peraturan Menteri keuangan No 72/PMK 05/2008," tambah Anis.

Selain pembekalan materi inti, peserta juga akan dicekoki dengan materi penunjang. diantaranya diawali pre test dan post test, building learning comitment, ceramah serta tanya jawab.

"Di akhir kegiatan seluruh peserta akan mengikuti observasi lapangan (OL)," tambah pejabat berjilbab ini.

Ditambahkan Anis, tujuan digelarnya diklat yakni untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi pengelolah keuangan di lingkungan SKPD Pemkot Mojokerto.

Selain itu setelah mengikuti diklat, seluruh peserta diharapkan mengalami peningkatan mutu pendidikan secara komprehensif.

Peserta diklat diharapkan akan belajar kreatifitas serta motivasi dalam meraih prestasi yang terbaik.

"Di dalam diklat itu nantinya peserta akan berkompetisi secara sehat dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas," urainya.

Pembukaan Diklat dilakukan secara simbolis pada Senin (18/03/2013). Sedangkan pelaksanaan diklat akan berlangsung mulai 18 hingga 25 Maret mendatang.

Selama sepekan seluruh peserta diklat wajib mengikuti seluruh materi di gedung diklat kota Mojokerto Jl Raya Baypass Sekar Putih, Kedundung, kota Mojokerto. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional