Kadisdik Tekankan Kemampuan Manajerial Kasek - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Kadisdik Tekankan Kemampuan Manajerial Kasek

Jombang-(satujurnal.com)
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Jombang, Muntholib menekankan seluruh kepala sekolah (kasek) agar terus meningkatkan kemampuan manajerial pendidikan. Karena para kasek menjadi penentu terhadap peningkatan mutu pendidikan.

“Seluruh kepala sekolah harus memiliki kemampuan manajerial yang baik  agar terus terjadi peningkatan mutu pendidikan,” kata Muntholib, Sabtu (09/03/2013). 

Penekanan orang nomor satu di jajaran Disdik tersebut terkait mutasi terhadap puluhan kasek yang digelar Bupati Jombang, Suyanto, beberapa waktu lalu.

“Saya harap seluruh kasek bisa mengelola manajerial pendidikan dengan baik untuk didapatkan peningkatan mutu yang optimal dalam rangka mencetak generasi bangsa mumpuni,” cetus Muntholib.

Keberadaan kepala sekolah (kasek), lanjut dia, diharapkan mampu menjadi parameter peningkatan mutu pendidikan. “Saya berharap agar para kasek berkompetisi untuk peningkatan manajerial sekolah,” kata Muntholib.

Apalagi, ujar dia, pergeseran mutasi paling sering terjadi di jajaran dinas yang dipimpinnya. ''Tentunya, jika kepala daerah melakukan mutasi terhadap kepala sekolah, yang diharapkan terjadi peningkatan dalam aspek pendidikan di lingkup sekolah yang bersangkutan. Karena kinerja kasek bakal menjadi parameter tersendiri dalam menentukan kelayakan kepemimpinan yang mereka emban,” imbuhnya.

Dalam gerbong mutasi yang digelar beberapa waktu lalu, terjadi pergeseran jabatan, yakni 30 kasek SMP, MA/SMK, 10 Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan, 14 Kepala TU sekolah dan Kasubag TU pada UPTD Pendidikan Kecamatan. Sementara sertijab 118 kasek SD dilakukan di masing-masing UPTD Pendidikan Kecamatan.


Sebelumnya, kasek-kasek tersebut telah mendapat pembekalan dan pelatihan kompetensi kepala sekolah secara bertahap. “Pelatihan itu terkait dengan tugas pokok dan fungsi kepala sekolah baik sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator maupun sebagai motivator,” tukas Muntholib.(rg)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional