Panwas Temukan Ribuan Calon Pemilih 'Abal-abal' - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Panwas Temukan Ribuan Calon Pemilih 'Abal-abal'

Jombang-(satujurnal.com) 
Data calon pemilih dalam  pilihan bupati (Pilbup) Jombang 5 Juni nanti benar-benar kacau. Banyak pemilih abal-abal dalam DP4  (Data Penduduk Pemilih Potensial Pemilu) yang diserahkan Dispendukcapil ke KPU setempat. Berdasarkan pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan petugas di lapangan, ditemukan banyak pemilih ganda bahkan yang telah meninggal dunia.

Pada satu kecamatan saja, jumlah pemilih ganda maupun yang mati itu bisa mencapai ribuan jumlahnya. ’’Berdasarkan coklit yang dilakukan di Kecaatan Ngoro, sementara ini ditemukan ada 1.398 pemilih dalam DP4 yang telah meninggal dunia,’’ kata Umar Sanusi, anggota panwas Kecamatan Ngoro. 

Selain itu, juga ditemukan 1.272 pemilih ganda. Kekacauan DP4 tidak berhenti sampai disitu. Sebab di Kecamatan Ngoro juga ditemukan sejumlah pemilih lain yang tak layak. Misalnya dibawah umur ataupun TNI/Polri yang tak memiliki hak pilih. 

’’Di Kecamatan Ngoro ditemukan ada satu pemilih balita dan satu pemilih yang belum berusia 17 tahun,’’ bebernya. 

Data balita yang masuk DP4 itu terdapat di di Desa Rejoagung. Sedangkan anak yang belum berusia 17 tahun di Desa Gajah. Jumlah anggota TNI/Polri yang masuk dalam DP4 sendiri menurutnya ditemukan sebanyak empat orang. Selain itu, juga ada pemilih yang cacat mental sebanyak dua orang. Angka yang mencengkan juga ditemukan pada jumlah pemilih yang tak dikenal dan pindah. 

’’Pada DP4 itu terdapat 1.100 pemilih yang tak dikenal dan 2.171 pemilih yang sudah pindah tempat tinggal,’’ beber Umar. 

Semua temuan data itu menurut Umar sudah langsung dilaporkan ke Panwas Kabupaten. Nantinya, semua data yang tak cocok tersebut akan langsung dicoret. Sehingga akan mengurangi jumlah pemilih yang bakal berpartisipasi dalam pilbup. Data pemilih untuk Kecamatan Ngoro dalam DP4 mencapai 64.968 orang. Karena banyak yang tak sesuai seperti diatas, data itu berpeluang mengalami banyak penyusutan. Pada 2008, jumlah pemilih tetap dalam Pilbup Jombang mencapai 961.965  orang. Namun yang menggunakan hak pilihnya hanya 680.352. Sementara jumlah total pemilih dalam DP4 sekarang ini mencapai 1.064.000 orang. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional