Pasangan Nyono-Mundjidah Janjikan Kesehatan Gratis dan ADD Rp 500 Juta - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pasangan Nyono-Mundjidah Janjikan Kesehatan Gratis dan ADD Rp 500 Juta

Jombang-(satujurnal.com)
Pasangan Nyono-Mundjidah dan fungsionaris Partai Golkar (doc.istimewa)
Cabup Jombang, Nyono Suhaerli dan Cawabup Mundjidah Wahab, diam-diam memerhatikan perkembangan kebijakan pemerintah yang memicu kesenjangan sosial di masyarakat.

Amburadulnya kartu jamkesmas (jaminan kesehatan masyarakat) misalnya, menjadikan pasangan ini memasukkan program kesehatan gratis sebagai patokan gerak cepat pelayanan kesehatan di masyarakat.  

''Banyaknya kekeliruan distribusi kartu jamkesmas, secara tidak langsung menambah banyaknya warga miskin yang tak terlayani,'' kata Cabup Nyono Suhaerli didampingi Ketua Tim Pemenangan, Mastur Baidlowi, kepada sejumlah wartawan, Sabtu (16/03/2013).

Karena itu, tegas Nyono, pihaknya akan merealisasikan pelayanan kesehatan gratis tahun 2014 mendatang.

Layanan kesehatan yang semua biaya ditanggung pemerintah daerah ini diberikan kepada masyarakat miskin. Utamanya yang tidak mendapat kartu jamkesmas, jampersal (jaminan persalinan) maupun warga yang tidak masuk database penerima jamkesda.  

APBD Kabupaten Jombang yang mencapai trilyunan rupiah diyakini bisa menutup semua layanan kesehatan warga Jombang. Tidak seperti sekarang ini, masyarakat masih dibebani biaya separoh perawatan, meski memiliki kartu jamkesmas maupun jamkesda.

“Program ini sudah kita persiapkan dan didukung oleh semua parpol yang berkoalisi,'' tegasnya.  

Nyono juga bakal melakukan pemerataan ADD (alokasi dana desa) semua desa. Sesuai dengan program unggulan masing-masing desa, maka kucuran ADD tersebut bakal diterapkan untuk semua desa. Nilainya tidak tanggung-tanggung, mencapai Rp 500 juta per desa.  

''Dukungan ADD ini sangat penting untuk mengembangkan potensi desa,'' pungkas Nyono (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional