Pengurus PGRI Motori Aksi Solidaritas di PN - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pengurus PGRI Motori Aksi Solidaritas di PN

Mojokerto-(satujurnal.com)
Aksi ratusan guru dan siswa di Pengadilan Negeri (PN) Mojokerto, Senin (11/03/2013) untuk memberikan dukungan moral terhadap seorang guru yang didakwa melakukan penganiayaan terhadap salah satu siswanya mengundang perhatian pengunjung sidang lainnya.

Terlebih mobilisasi siswa saat jam belajar yang dimotori puluhan pengurus PGRI Kabupaten Mojokerto itu dibarengi dengan pembentangan poster dan tuntutan agar hakim membebaskan terdakwa Sutiyo, guru SDN Sumber Jati 2, Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto dari segala jeratan hukum.

Bahkan saat sidang dimulai dan terdakwa duduk di kursi pesakitan ratusan guru masuk memenuhi ruang Cakra tempat sidang berlangsung. Tak pelak, suasana gaduh pun mewarnai sidang guru yang ditahan sejak Pebruari lalu itu.

“Bebaskan guru kami. Laporan penganiayaan terhadap Teguh Dwi Cahyono tidak sesuai fakta,” teriak Efendi, salah satu siswa di luar gedung PN.
.
Semua tuduhan, lanjut Efendi, termasuk laporan dari teman saya itu tidak benar sama sekali. “Karena Pak Sutiyo adalah guru mapel (mata pelajaran) Matematika yang sabar,” lontarnya.

Suwandi, kuasa hukum terdakwa mengatakan, semua keterangan orang tua korban penganiayaan itu salah besar. “Karenanya pihak terdakwa akan mendatangkan sejumlah saksi untuk memastikan bahwa korban terluka kakinya bukan karena di tendang oleh terdakwa melainkan terkena tiang lapangan bola voli saat bermain sepak bola di sekolah,” katanya.

Rina Pujiastuti, orang tua korban mengatakan, putranya menjadi korban penganiayaan bahkan sempat di rawat dirumah sakit dan menagalami gangguan syaraf otak akibat gegar otak ringan.

Oleh polisi terdakwa dikenakan pasal 80 undang undang perlindungan anak pasal 351 KUHP dan 335 KUHP  tentang perbuatan tidak menyenangkan. (wie)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional