Pilkades Empat Desa Ditunda - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pilkades Empat Desa Ditunda

Jombang(satujurnal.com)
Pilihan kepala desa (Pilkades) empat desa akan  digelar 17 Maret.namun karena terkendala dana, akhirnya ditunda bulan berikutnya.

’’Dana APBD untuk biaya Pilkades belum bisa dicairkan pada 17 Maret, makanya Pilkades empat desa itu ditunda pada 7 April nanti,” kata Kabag pemerintahan pemkab jombang Masduki.

Diperkirakan, dana APBD baru bisa dicairkan akhir bulan ini ataupun awal bulan depan. Makanya pelaksanaan Pilkades terpaksa diundur 7 April. Dalam  Minggu ini, tahapan Pilkades sudah masuk pendaftaran calon kades. Pendaftaran Pilkades ditutup pada 18 Maret lusa.

Akhir tahun ini Pemkab Jombang akan menggelar Pilkades serentak untuk 283 desa yang sudah habis masa jabatannya pada 7 Agustus. Namun khusus untuk empat desa yang kadesnya dijabat pjs, pelaksanaan Pilkades-nya dipercepat. Alasannya, banyak kewenangan kepala desa yang tidak bisa dijalankan oleh pjs. ’’Misalnya soal waris dan pembebasan tanah, makanya harus secepatnya ada kades definitif.

Empat desa yang akan menggelar Pilkades bersamaan yakni Desa Jatigedong Kecamatan Ploso, Desa Jombatan Kecamatan Kesamben, Desa Sumbergondang Kecamatan Kabuh dan Desa Sengon Kecamatan Jombang. Penyebab tak adanya kades di empat desa itu sendiri tidak sama.

’’Kades Sengon meninggal dunia. Sedangkan tiga desa lainnya kadesnya ditahan karena kasus korupsi,’’ beber Masduki.

Dana penyelenggaraan Pilkades itu sendiri menurutnya akan diberikan oleh Pemkab Jombang. ’’Kisarannya antara Rp 8 juta sampai Rp 12 juta. Tergantung jumlah penduduknya,’’ jelasnya.

Desa yang penduduknya kurang dari seribu, akan dibantu Rp 8 juta. Selanjutnya, akan ada tambahan tiap kelipatan seribu. Hanya saja maksimal, tiap desa hanya bisa mendapatkan Rp 12 juta.

Diantara empat desa itu, hanya Jatigedong yang tensinya mulai memanas. Sebab Januari lalu, sempat ada dua gelombang aksi demo degan tuntutan berlawanan. Pada 3 Januari, belasan warga Jatigedong demo di kantor kecamatan menuntut agar Pilkades Jatigedong segera dilaksanakan.

Sementara seminggu setelahnya, tepatnya pada 10 Januari, ganti puluhan warga Jatigedong lainnya berdemo di kantor kecamatan untuk meminta agar Pilkades ditunda. Sebab mereka masih mendukung pjs Kades Ahmad Karyoto. Kelompok terakhir ini meminta Pilkades Jatigedong dibarengkan Pilkades serentak dengan 283 desa lainnya pasca pilbup dan pilgub. (rg)
                                                               
               


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional