PKS Jombang Buka Peluang Caleg Non Muslim - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

PKS Jombang Buka Peluang Caleg Non Muslim

Jombang-(satujurnal.com) 
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jombang terus menata diri menghadapi pemilu 2014. Salah satunya melakukan penjaringan calon legislatif (caleg). Manariknya, partai berlambang bulan sabit kembar ini membuka peluang bagi caleg non muslim. Sudah begitu, para bakal caleg tersebut tidak ditarik mahar sepeser pun.

"Saat ini PKS Jombang masih membuka perekrutan bakal caleg ekternal yang memiliki visi keumatan, kemampuan kualitas di bidang pemerintahan, serta moralitas yang baik untuk akan maju pada pemilu 2014. Penjaringan ini kita lakukan hingga pertengahan Maret tahun depan," kata Rochmad Abidin, Ketua DPD PKS Jombang, Rabu (6/3/2013). 

Abidin menjelaskan, secara umum PKS  tidak menutup diri untuk caleg non muslim. Yang menjadi pertimbangan adalah sosiologis kultur masyarakat di Kota Santri tersebut. "Dalam arti, DPD PKS Jombang mungkin juga menerima pendaftaran caleg non muslim, apabila dalam satu dapil (daerah pemilihan) jumlah penduduk non muslim-nya sangat banyak," ungkapnya.

Sementara itu, dalam pemilu 2014, PKS Jombang menargetkan tiga besar. Menurut Abidin, dengan menembus tiga besar, maka PKS di Jombang akan merebut tujuh kursi di legislatif. "Makanya dalam pemilu mendatang, dua kursi yang ada saat ini harus bertambah menjadi tujuh. Dengan begitu, kita bisa mengegolkan aspirasi rakyat. Karena wakil PKS akan ada disetiap komisi," kata menegaskan..

Guna mendongkrak perolehan suara tersebut, kata Abidin, salah satunya adalah dengan membentuk struktur di tingkat ranting dan anak ranting. Setelah itu  akan dilakukan koordinasi secara intens antara pengurus ranting dengan struktur yang ada di atasnya. "Saat ini sudah ada 5.600 pengurus ranting yang siap bekerja. Dengan begitu target PKS untuk menembus tiga besar mudah terwujud," pungkas Abidin.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional