Reses Dewan Dihapus - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Reses Dewan Dihapus


Mojokerto-(satujurnal.com)
DPRD Kota Mojokerto secara resmi menghapus agenda serap aspirasi. Penghapusan kegiatan bernuansa temu konstituen itu lebih pada pertimbangan efektifitas dalam menjaring informasi. 

“Tahun ini tidak ada kegiatan jaring aspirasi atau reses. Kami (Dewan) sepakat untuk kembali mengusung kegiatan dialog interaktif bersama masyarakat melalui gabungan anggota Komisi,” kata Ketua Fraksi Partai Amanah Nasional (PAN) DPRD Kota Mojokerto, Syaiful Arsyad, Rabu (20/03/2013). 

Dihapusnya reses, kata Ipung, sapaan akrab Syaiful Arsyad, atas dasar kesepakatan anggota Dewan. “Semua anggota Dewan bulat sepakat untuk menghapus reses.,” imbuhnya.

Kegiatan reses, kata Ipung, bukan kewajiban namun hak bagi setiap anggota Dewan.  

Dalam pertimbangan Dewan, lanjut Ipung, dialog interaktif akan lebih memperkuat fungsi pengawasan dan legislasi. Karena, peserta dialog dari berbagai unsur dan elemen masyarakat. “Dialog interaktif pesertanya beragam latar belakang karena semua stake holder yang akan kita undang,” tandasnya. 

Hal itu berbeda dengan reses yang notabene pesertanya merupakan konstituen masing-masing partai. “Jadi tidak bersifat primordial, yang hanya mengedepankan kepentingan anggota Dewan dan konsituen,” cetus Ipung. 

Selain itu, penggunaan anggaran yang dinilai sarat rambu-rambu larangan, menjadi salah satu pertimbangan penghapusan reses. “Ketentuan baku penggunaan anggaran reses menjadi pertimbangan untuk meniadakan reses,” katanya. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional