Siasati Harga Bawang Meroket Dengan Sachetan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Siasati Harga Bawang Meroket Dengan Sachetan

.Jombang-(satujurnal.com)
Harga bawang putih di Kabupaten Jombang meroket hingga angka 70 ribu rupiah per kilogramnya, menurunnya daya beli masyarakat, memaksa sejumlah pedagang memutar otak, agar bisa melayani konsumen yang berdaya beli rendah, mereka menjual bawang putih dengan harga murah. yakni dengan cara menjual bawang putih dalam kemasan sachet plastik.

Melambungnya harga bawang putih selama beberapa pekan terakhir membuat omzet penjualan pedagang di pasar pon Jombang, menurun drastis,harga bawang putih sebelumnya 35 ribu rupiah perkilogramnya, selama dua hari terakhir, sudah menembus angka 70 ribu rupiah perkilogram dan berdampak pada turunnya daya beli konsumen.

Pedagang pun harus jeli menyiasati agar tetap bisa melayani konsumen, sejumlah pedagang di pasar ini menjual bawang putih dalam kemasan sachet.Tiap sachet berisi dua hingga tiga ruas buah bawang putih kecil, dan dijual seharga seribu rupiah per-sachetnya.

Konsumen merasa diuntungkan dengan adanya penjualan bawang putih sesuai dengan kondisi keuangannya, mereka terpaksa berhemat dan mengurangi penggunaan bawang putih, agar dapat membeli kebutuhan sembako lainnya.

Melambungnya harga bawang putih saat ini juga dikeluhkan kalangan pedagang, sebab omzet dagangan mereka pun turun hingga empat puluh persen, di tengah keterbatasan pasokan bawang putih, pedagang harus tetap mampu melayani permintaan konsumen.

Harga bawang merah juga telah menembus harga 38 hingga 40 ribu rupiah perkilogram/ dari sebelumnya hanya 22 ribu rupiah perkilonya, sementara harga berbagai komoditas sayur-mayur lainnya naik hingga 30 persen dari harga sebelumnya.Sementara harga telur naik signifikan. telur sebelumnya seharga 14 ribu naik menjadi 18 ribu 500 rupiah perkilonya.Cabai rawit sebelumnya 18 ribu rupiah naik menjadi 35 ribu rupiah perkilonya.(rg)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional