Tujuh Kecamatan Diserang Hama Wereng. - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Tujuh Kecamatan Diserang Hama Wereng.

Jombang -(satujurnal.com)
 Serangan hama wereng di Kabupaten Jombang semakin meluas,yang sebelumnya serangan itu hanya melanda Kecamatan Perak, kini hama tersebut singgah di enam kecamatan lainnya diantaranya ; Perak, Bandar Kedungmulyo, Jombangkota ,Tembelang, Bareng, Ngusikan, serta Mojowarno. Total lahan yang terserang mencapai 80,3 hektar..

Kepala Dinas Pertanian Jombang, Syamto, menjelaskan, total lahan pertanian di Jombang seluas 37.910 hektar. Nah, dari jumlah tersebut hanya 80,3 hektar saja yang terserang hama. "Ini termasuk kategori serangan ringan," tambahnya.Munculnya hama tersebut bukan tanpa sebab.akibat oleh perubahan iklim akhir-akhir ini. Wereng, lanjut Syamto, bisa berkembang pesat di lahan yang lembab. Semisal, malam tersiram hujan, sedangkan paginya tersengat sinar matahari. Kondisi itulah yang menyuburkan hama wereng.

Meski terserang wereng, namun Dinas Pertanian yakin hal itu tidak berpengaruh besar terhadap produksi padi di Jombang. Setiap hektar lahan masih bisa menghasilkan 6 ton padi. "Karena serangan ini kategori ringan. Tidak ada lahan yang sampai puso," ujarnya. (rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional