34 Kelompok Adu Piawai Diajang Lomba Paskibraka - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

34 Kelompok Adu Piawai Diajang Lomba Paskibraka


Salah satu kelompok Paskibraka peerta lomba
Jombang(satujurnal.com)
Paskibraka atau pasukan pengibar bendera pusaka, ternyata tak hanya beraksi saat peringatan hari besar kenegaraan saja. Namun juga mampu menampilkan gerakan atraktif dan menghibur.

Seperti tampak pada lomba Paskibraka yang digelar SMAN 2 Jombang di GOR Merdeka, Jombang, Minggu (28/04/2013). 

Lomba yang sudah berjalan selama delapan tahun bertutur-turut ini, diikuti oleh hampir seluruh daerah di jawa timur. Terdapat 34 kelompok Paskibraka dari 30 kabupaten dan kota. Setiap kelompok yang tampil dengan durasi delapan  menit.

Juri yang menilai lomba yang bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air di kalangan pemuda ini berasal dari unsur TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara, Kepolisian dan Paskibraka Provinsi.

Diharapkan lomba yang menitik-beratkan penilaian pada tiga aspek, yakni kekompakan, keindahan gerak serta formasi, merangsang para remaja semakin aktif dan mencintai kegiatan ektrakurikuler paskibraka.Sebab, selain meningkatkan rasa patriotisme, juga menghindarkan diri dari narkoba atau kegiatan negatif lainnya.

Para peserta mengaku senang dengan adanya kegiatan lomba paskibraka secara rutin tersebut, selain menambah waasan dan silaturahmi antar sekolah se-Jawa Timur, yang terpenting adalah semakin menambah rasa kebangsaan yang selama ini mulai pudar di kalangan anak muda. Bagi pemenang lomba akan mendapatkan dana pembinaan berupa tabungan dan trophy tetap dari panitia.(rg)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional