Balon Walikota Independen ; Pasangan IED Susul DY - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Balon Walikota Independen ; Pasangan IED Susul DY

Pasangan IED. (foto:basuki)
Mojokerto-(satujurnal.com)
Pasangan bakal calon walikota dan wakil walikota Mojokerto Iwan Sulistyono dan Edy Soehartono menyerahkan berkas dukungan pencalonan ke KPU setempat di hari terakhir pendaftaran calon kepala daerah jalur independen, Kamis (11/04/2013).

Pasangan non partisan berlatarbelakang pengusaha konstruksi ini merupakan pasangan independen kedua, menyusul pasangan Drajat Stariaji dan Yanto (DY)

Sebanyak 10.159 copy KTP dukungan diserahkan pasangan berakronim IED didampingi sebelas orang pendukungnya.  Bukti dukungan itu melebihi ketentuan minimal 6,5 % jumlah penduduk atau sekitar 8.700 jiwa.

Iwan mengatakan, ribuan copy KTP ia himpun bersama tim suksesnya kurun dua bulan belakangan. Ia pun menyakini jika pasangannya akan lolos verifikasi faktual dukungan. “Saya yakin akan lolos verifikasi, karena copy KTP yang terhimpun semuanya atas kerja tim secara riil, tanpa rekayasa,” katanya.

Edy menambahkan, keyakinan lolos verifikasi KPU atas dukungan lantaran pihaknya juga melakukan verifikasi independen atas copy KTP dukungan yang terhimpun. “Artinya untuk memastikan dukungan, kami lakukan check and recheck,” katanya. 

Sementara itu, Humas KPU Kota Mojokerto, Yusuf Widayat mengatakan, sebelum pendaftaran calon kepala daerah independen ditutup tepat pukul 24:00 WIB nanti, pintu lembaga penyelenggara pemilu ini terbuka bagi bakal calon walikota –wakil walikota dari jalur independen. “Sampai sekarang memang dua bakal calon walikota dan walikota dari jalur independen yang menyerahkan berkas, tapi bisa jadi lebih dari dua pasangan, sepanjang pendaftaran tidak melebihi pukul 24:00 WIB hari ini,” katanya.

Sedang untuk proses verifikasi factual atas KTP dukungan, Yusuf mengatakan menjadi tugas PPS di tingkat kelurahan untuk melakukan verifikasi. “Setiap copy KTP dukungan akan diverifikasi. Tidak ada satu pun yang terlewat. Jadi riil 100 persen verifikasi,” tandasnya. (one)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional